PERANAN AUDIT INTERNAL DI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL KREDIT INVESTASI (Studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) cabang Setiabudhi-Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL KREDIT INVESTASI (Studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) cabang Setiabudhi-Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL KREDIT INVESTASI (Studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) cabang Setiabudhi-Bandung)
Author: Ibrahim, Emir Rasyid
Abstract: Dewasa ini bank memiliki peranan yang strategis dalam menunjang roda perekonomian, dimana bank sebagai lembaga keuangan, merupakan wadah yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana yang terhimpun tersebut untuk diputar kembali untuk ditanamkan atau dipergunakan dalam rangka pencapaian tujuan nasional, yang terdapat dalam pedoman GBHN dimana memberi amanat luhur bagi bangsa Indonesia, yaitu untuk melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan sila-sila Pancasila. Bentuk - bentuk penyaluran dana bank adalah melalui aktivitas kredit, salah satunya adalah kredit investasi. Kredit investasi adalah kredit jangka menengah atau jangka panjang yang diberikan oleh suatu bank kepada perusahaan untuk melakukan investasi seperti ekspansi proyek yang sudah ada atau proyek baru, pembelian mesin – mesin dan lain sebagainya yang semuanya itu ditujukan untuk meningkatkan produktivitas.Pemberian kredit investasi ini sudah tentu akan mengakibatkan resiko berupa tidak tertagihnya kredit atau terjadinya kredit macet. Maka dibutuhkan suatu pengendalian internal yang dilaksanakan oleh manajemen agar tercapainya efektivitas dan efisiensi operasi perusahaan. Untuk menilai efektivitas dan efisiensi tersebut dibutuhkan suatu penilaian yang independent untuk menilai dan mengevaluasi aktivitas pemberian kredit investasi agar pengendalian internal tersebut dapat memadai. Fungsi yang berperan dalam melakukan penilaian independent atas jalannya pengendalian internal ini dilakukan oleh audit internal. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Peranan Audit Internal di Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Kredit Investasi” (penelitian dilakukan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Setiabudhi Bandung). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang efektivitas audit internal, efektivitas pengndalian internal kredit investasi dan bagaimana peranan audit internal di dalam menunjang efektivitas pengendalian internal kredit investasi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dimana data ysng didapatkan oleh penulis dianalisis dan dibandingkan dengan sejumlah teori yang ada. Kesimpulan yang didapat berdasarkan hasil penelitian dan kuesioner yang disebarkan didapatkan hasil bahwa audit internal yang memadai dan efektivitas pengendalian internal kredit investasi telah memadai dan efektif sebesar dan sehingga peranan audit internal di dalam menunjang efektivitas pengendalian internal kredit investasi telah berperan sebesar ,sehingga hipotesis yang dikemukakan oleh penulis yaitu “Apabila audit internal dilaksanakan dengan memadai, maka akan berperan di dalam menunjang efektivitas pengendalian internal kredit investasi” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6160
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.33Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 70.29Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 87.30Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 121.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 74.61Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.54Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 135.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 302.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 283.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 262.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 88.70Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record