HUBUNGAN PROFESIONALISME INTERNAL AUDITOR DENGAN KUALITAS REKOMENDASI INTERNAL AUDIT ( Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung )

Widyatama Repository

HUBUNGAN PROFESIONALISME INTERNAL AUDITOR DENGAN KUALITAS REKOMENDASI INTERNAL AUDIT ( Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung )

Show full item record

Title: HUBUNGAN PROFESIONALISME INTERNAL AUDITOR DENGAN KUALITAS REKOMENDASI INTERNAL AUDIT ( Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung )
Author: Anindiati, Dini
Abstract: Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan profesionalisme internal auditor dengan kualitas rekomendasi internal audit. Dalam meneliti permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian pada Satuan Pengawasan Intern dan Sub Direktorat Sarana PT. Pos Indonesia (Persero) yang berlokasi di Jalan Cilaki No.73 Bandung. Era globalisasi akan mempertajam persaingan-persaingan di antara perusahaan, sehingga perlu pemikiran yang semakin kritis atas pemanfaatan secara optimal dari penggunaan sumber daya dan sumber dana yang ada. Hal tersebut menuntut perusahaan untuk memiliki strategi yang tepat dan perangkat pengendalian yang lengkap, handal, serta terpadu untuk menghadapi ketidakpastian lingkungan yang dihadapi. Untuk meminimalisasikannya maka dibutuhkan pengelolaan perusahaan yang baik, salah satunya dibutuhkan auditor internal yang profesional. Kebutuhan perusahaan akan auditor internal yang profesional merupakan sesuatu yang wajar sebab dengan adanya auditor internal yang telah profesional maka akan menghasilkan laporan rekomendasi internal audit yang berkualitas. Hal tersebut akan mereflesikan keadaan perusahaan apakah telah berjalan dengan baik atau tidak. Untuk melaksanakan tugasnya secara professional, auditor internal harus memilliki kriteria-kriteria dalam hal independensi, kemampuan profesional, lingkup pekerjaan, pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dan manajemen bagian audit internal. Laporan audit yang berkualitas harus memenuhi kriteria-kriteria seperti objektif, jelas, ringkas, konstrukitf dan tepat waktu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dan informasi melalu kuesioner dan wawancara, serta melakukan studi kepustakaan. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data kualitatif yang akan dikuantitatifkan dengan menggunakan skala ordinal dan metode likert, yang kemudian diolah dan dianalisis menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman dengan n=30 dan tingkat signifikansi sebesar 0.05. Dari perhitungan yang telah dilakukan, dihasilkan koefisien korelasi sebesar 0.542, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang cukup erat antara profesionalisme internal auditor dengan kualitas laporan internal audit. Sedangkan pengaruh atau kontribusi profesionalisme internal auditor dengan kualitas internal audit sebesar 29.38%, sedangkan sisanya sebesar 70.62% dipengaruhi faktorfaktor lain. Dengan demikian dapat dikatakan hipotesis yang penulis ajukan, yaitu “Profesionalisme Internal Auditor memiliki hubungan dengan Kualitas Laporan Internal Audit” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6159
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 34.71Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 40.26Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 50.61Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 54.56Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 51.64Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 50.54Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 46.64Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 63.88Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 127.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 104.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 139.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 53.39Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 56.59Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record