MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Survei pada perusahaan industri rokok yang telah go public)

Widyatama Repository

MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Survei pada perusahaan industri rokok yang telah go public)

Show full item record

Title: MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Survei pada perusahaan industri rokok yang telah go public)
Author: Rahmawati, Dewi
Abstract: Dalam dunia ekonomi yang penuh dengan dinamika dan situasi yang terkadang tidak pasti, para pelaku bisnis nasional baik dari sektor swasta dan sektor pemerintah harus bersaing ketat, terbuka, dan kompetitif dengan pelaku bisnis negara lain. Persaingan usaha seperti ini memerlukan pelaku bisnis yang jeli dalam memanfaatkan celah dan sumber daya yang ada sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam pengambilan keputusan investasi. Oleh karena itu para pelaku bisnis perlu menganalisis laporan keuangan perusahaan emiten untuk menentukan di mana investasi sebaiknya dilakukan dengan harapan memperoleh return yang tinggi. Laporan keuangan secara umum dapat memenuhi berbagai kebutuhan para pemakai, serta menggambarkan kinerja perusahaan secara umum. Laporan keuangan tersebut dianalisis untuk mengetahui apa arti angka-angka yang tercantum di dalammnya sehingga dapat mengetahui posisi keuangan yang telah dicapai perusahaan. Dalam menganalisis laporan keuangan, khususnya pengambilan keputusan investasi terdapat metode yang sudah lazim digunakan, yaitu metode Return On Investment (ROI). Didukung dengan pendekatan Economic Value Added (EVA). Penulis melakukan penelitian pada beberapa perusahaan perusahaan industri rokok yang telah go public dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) diantaranya yaitu PT Gudang Garam Tbk yang berlokasi di Jl. Jendral A. Yani no 79 Jakarta, PT. Bentoel International Invetsama Tbk. yang berlokasi di Jl. Mega Kuningan Lt. 5.1 Jakarta, dan PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman Kav 54-55 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei, sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder yang kemudian diolah dan dianalisis. Untuk metode analisis, penulis menggunakan metode analisis jalur dan untuk metode analisis tersebut penulis menggunakan so software computer SPSS for Windows SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukan persamaan Y = 0,428 X1 + 0,798 X2 + 0,346 ε dan didapatkan besarnya kontribusi analisis ROI dan EVA yang secara simultan memberikan manfaat dalam pengambilan keputusan investasi adalah sebesar 77,44 % Sedangkan sisanya 22,56 % adalah manfaat dari faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan mengenai analisis ROI dan EVA dalam pengambilan keputusan investasi, penulis menarik kesimpulan bahwa analisis laporan keuangan dengan menggunakan ROI dan EVA bermanfaat dalam pengambilan keputusan investasi telah terbukti. Saran yang penulis berikan pada perusahaan sebaiknya analisis dilakukan tidak hanya berpaku pada angka-angka yang ada dalam laporan keuangan saja, melainkan perlu melihat juga kondisi non-keuangan perusahaan, seperti profil perusahaan, strategi kompetitif, metode akuntansi yang dilakukan dan karakteristik investasi perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6158
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 26.74Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 28.50Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 118.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 85.01Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 41.86Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 188.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 351.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 199.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 482.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 41.11Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 145.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record