PERANAN AKTIVITAS PENGENDALIAN ATAS SISTEM PENGGAJIAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN (Studi kasus pada PT. Kartika Prasarana Telekomunikasi Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AKTIVITAS PENGENDALIAN ATAS SISTEM PENGGAJIAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN (Studi kasus pada PT. Kartika Prasarana Telekomunikasi Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AKTIVITAS PENGENDALIAN ATAS SISTEM PENGGAJIAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN (Studi kasus pada PT. Kartika Prasarana Telekomunikasi Bandung)
Author: Yulianti
Abstract: Penyelenggaraan siklus penggajian dan kepegawaian yang dilengkapi dengan serangkaian pengendalian diharapkan dapat menunjang kecermatan dan ketepatan penghitungan gaji karyawan, sehingga perusahaan dapat memberikan kompensasi yang tepat atas kontribusi karyawan mereka. Oleh karena itu dalam perusahaan mutlak diselenggarakannya suatu sistem pengendalian internal terhadap pembayaran gaji pegawai. Pelaksanaan aktivitas pengendalian yang baik sebagai salah satu faktor dari pengendalian internal dalam sistem penggajian dapat menunjang efektivitas pembayaran gaji karyawan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif analitis. Tujuannya adalah membuat deskripsi, gambaran sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta-fakta, serta hubungan antar fenomena yang diselidiki dan dibandingkan dengan teori yang telah penulis pelajari. Penulis menggunakan rumus korelasi rank spearman untuk mengetahui kekuatan hubungan variabel independen dengan variabel dependen, untuk mengetahui besarnya kontribusi / pengaruh variabel independen dengan variabel dependen dengan menggunakan koefisien determinasi. Selanjutnya penulis menyebarkan angket kepada 20 karyawan PT. Kartika Prasarana Telekomunikasi sebagai responden. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh bahwa aktivitas pengendalian yang dijalankan PT. Kartika Prasarana Telekomunikasi sudah berjalan dengan baik. Terlihat dari sebagian besar responden yaitu 18% karyawan menyatakan sangat setuju dan 61% karyawan menyatakan setuju terhadap pelaksanaan aktivitas pengendalian perusahaaan. Namun masih ada sekitar 16% karyawan yang menyatakan kurang setuju dan 5 % karyawan yang menyatakan tidak setuju. Efektivitas pembayaran gaji karyawan PT. Kartika Prasarana Telekomunikasi juga terlihat baik, terlihat dari sebagian besar responden yaitu 33% karyawan menyatakan sangat setuju dan 59% karyawan menyatakan setuju. Namun masih ada sekitar 4% karyawan yang menyatakan kurang setuju dan tidak setuju terhadap efektivitas pembayaran gaji karyawan. Sedangkan peranan aktivitas pengendalian atas sistem penggajian yang dilaksanakan pada PT. Kartika Prasarana Telekomunikasi berdasarkan uji korelasi Rank Spearman sebesar 0.813, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara aktivitas pengendalian atas sistem penggajian dengan efektivitas pembayaran gaji karyawan. Kemudian diperoleh koefisien determinasi yaitu sebesar 66.1%, artinya bahwa aktivitas pengendalian atas sistem penggajian berperan terhadap efektivitas pembayaran gaji karyawan yaitu sebesar 66.1%, sedang sisanya sebesar 33.9% dipengaruhi faktor-faktor lain. Hipotesis yang penulis kemukakan yaitu ”Aktivitas pengendalian atas sistem penggajian yang dijalankan secara memadai dapat berperan dalam menunjang efektivitas pembayaran gaji karyawan”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6154
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.596Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.37Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.47Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.44Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 22.77Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.15Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.69Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.17Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 47.45Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 103.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 66.18Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 308.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.75Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.72Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record