PENGARUH EARNING MANAGEMENT TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERMASUK DALAM INDEKS LQ-45 (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Termasuk dalam indeks LQ-45 Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2007)

Widyatama Repository

PENGARUH EARNING MANAGEMENT TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERMASUK DALAM INDEKS LQ-45 (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Termasuk dalam indeks LQ-45 Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2007)

Show full item record

Title: PENGARUH EARNING MANAGEMENT TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERMASUK DALAM INDEKS LQ-45 (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Termasuk dalam indeks LQ-45 Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2007)
Author: Afkari, Aswin
Abstract: Adanya dorongan motivasi berupa pemberian insentif kepada manajemen telah membuat manajemen berupaya untuk menunjukan aktivitas atau kegiatan yang baik untuk mencapai target kinerja. Hal ini dapat mendorong manajemen untuk memilih dan menggunakan metode akuntansi yang diperbolehkan oleh standar akuntansi dalam menyusun laporan keuangan yang dapat memberikan informasi laba yang lebih baik bagi perusahaan, praktik ini dikenal dengan sebutan earnig management. Dalam pengungkapan informasi laporan keuangan, manajemen akan melakukan pengungkapan yang seperlunya, hal ini dilakukan agar manajemen dapat mempraktekkan earning management untuk mencapai tujuan tertentu. Jika manajemen melakukan pengungkapan informasi keuangan perusahaan seminimum mungkin maka kondisi asimetri informasi akan terjadi sehingga memberikan keleluasaan bagi manajer untuk melakukan earning management. Apabila tingkat pengungkapan informasi semakin tinggi maka praktik earning management akan semakin rendah. Penulis melakukan penelitian terhadap 14 perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia yang terdaftar dalam indeks LQ-45 tahun 2006-2007. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif, untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Hubungan yang timbul dalam penelitian ini adalah hubungan sebab akibat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data sekunder dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dan laporan tahunan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa earning management memiliki pengaruh negatif terhadap pengungkapan informasi laporan keuangan dijelaskan oleh nilai koefisien determinasi sebesar 0.146 atau 14.6%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6152
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 82.99Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.43Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 146.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 389.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 315.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 261.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.01Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 101.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record