PENGARUH SISTEM SURVEY DAN SISTEM MONITORING TERHADAP PINJAMAN MACET MITRA BINAAN SEKTOR INDUSTRI PADA PROGRAM KEMITRAAN MENURUT PERSEPSI MITRA BINAAN (Studi Kasus pada PT BIO FARMA (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM SURVEY DAN SISTEM MONITORING TERHADAP PINJAMAN MACET MITRA BINAAN SEKTOR INDUSTRI PADA PROGRAM KEMITRAAN MENURUT PERSEPSI MITRA BINAAN (Studi Kasus pada PT BIO FARMA (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM SURVEY DAN SISTEM MONITORING TERHADAP PINJAMAN MACET MITRA BINAAN SEKTOR INDUSTRI PADA PROGRAM KEMITRAAN MENURUT PERSEPSI MITRA BINAAN (Studi Kasus pada PT BIO FARMA (Persero) Bandung)
Author: Novianti, Annisa Dwi
Abstract: Program Kemitraan adalah program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN. Salah satu kunci keberhasilan Program Kemitraan adalah pengembalian pinjaman dari Mitra Binaan secara tepat waktu dan tepat jumlah sehingga dana tersebut dapat disalurkan kembali kepada usaha kecil yang lain. Namun demikian, harus diakui bahwa tugas ini bagi BUMN Pembina merupakan tugas sulit mengingat selain tingkat pengembalian dana, juga mengingat Mitra Binaan yang memperoleh dana Program Kemitraan merupakan usaha kecil yang membutuhkan bimbingan dan monitoring yang berkelanjutan. Berdasarkan hal di atas, peneliti tertarik untuk meneliti sistem survey dan sistem monitoring yang diterapkan perusahaan serta melihat pengaruhnya terhadap pinjaman macet Mitra Binaan. Survey dan monitoring sangat penting dilakukan agar pinjaman yang disalurkan tepat sasaran dan tingkat pengembalian pinjamannyapun tinggi. Penelitian ini dilakukan terhadap 35 Mitra Binaan dari 8 jenis sektor industri di Kota Bandung tahun 2006. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sistem survey dan sistem monitoring terhadap pinjaman macet Mitra Binaan sektor industri pada Program Kemitraan menurut persepsi Mitra Binaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan didukung dengan menggunakan studi kepustakaan. Untuk mengolah dan menganalisis data digunakan metode statistik analisis regresi berganda, koefisien korelasi dan determinasi serta pengujian hipotesis parsial dengan uji t dan secara simultan dengan uji F, dan menggunakan program SPSS 12.0. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari sistem survey dan sistem monitoring terhadap pinjaman macet Mitra Binaan sektor industri pada Program Kemitraan menurut persepsi Mitra Binaan. Sedangkan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukan bahwa baik sistem survey dan sistem monitoring memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pinjaman macet Mitra Binaan sektor industri pada Program Kemitraan menurut persepsi Mitra Binaan. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan berdasarkan hasil penelitian tersebut bagi perusahaan adalah perlu adanya evaluasi tentang efektifitas dan efisiensi sistem survey dan sistem monitoring secara berkala agar selalu relevan dengan kondisi saat sistem tersebut dijalankan. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti topik ini dengan masalah, perusahaan, pendekatan penelitian, atau metode statistik yang berbeda agar dapat menambah referensi mengenai topik ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6148
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 69.53Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 70.33Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 108.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 148.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 148.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 144.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 86.76Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 74.25Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record