PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN (Studi kasus pada PT.Industri Telekomunikasi Indonesia (PT.INTI) (persero))

Widyatama Repository

PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN (Studi kasus pada PT.Industri Telekomunikasi Indonesia (PT.INTI) (persero))

Show full item record

Title: PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN (Studi kasus pada PT.Industri Telekomunikasi Indonesia (PT.INTI) (persero))
Author: Sakti, Agung Satriajaya
Abstract: Salah satu komponen penting dalam perusahaan dalam melakukan aktivitas perusahaan nya adalah Sistem Pengendalian Manajemen. Perusahaan Harus menyadari bahwa dengan menerapkan sistem pengendalian manajemen yang memadai, dapat mengefektifkan alokasi biaya dan sumber-sumber ekonomi perusahaan. Dalam melaksanakan sistem pengendalian manajemen di perlukan peran seorang manajer eksekutif dalam mengendalikan sistem pengendalian manajemen. Peranan controller di dalam perusahaan sebagai manajer eksekutif yang bertanggung jawab atas pengawasan dan pengendalian dan evaluasi sangat di perlukan untuk membantu pimpinan perusahaan dalam menjalankan kegiatan strategis nya. Penelitian yang dilakukan oleh penulis bertempat pada perusahaan PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (PT. INTI) yang berlokasi di Jalan Moh.Toha No.77, Bandung. Tujuan dilaksanakannya sistem pengendalian manajemen seperti yang telah dibahas sebelumnya adalah untuk membantu manajemen dan pimpinan dalam pengembilan keputusan alokasi sumber daya perusahaan.Studi yang dilakukan adalah Controller yang memadai dapat berperan dalam menunjang efektivitas sistem pengendalian manajemen . Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Metode deskriptif merupakan metode penelitian yang menggambarkan secara rinci dan sistematis mengenai kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan objek penelitian berdasarkan bukti-bukti yang diperoleh, Sedangkan untuk memperoleh data-data dilakukan penelitian lapangan yaitu melalui wawancara, observasi, dan kuesioner, kemudian menganalisa hubungan sebab akibat yang terjadi dari masing-masing variable untuk memperoleh suatu kesimpulan. Selain itu juga dilakukan penelitian kepustakaan untuk lebih memperkuat hasil penelitian yang ada dilapangan. Dalam pembuktian hipotesis tersebut digunakan metode persentase dari Dean-J Champion. Berdasarkan hasil penelitan dapat diambil kesimpulan yaitu sistem pengendalian Manajemen pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (PT. INTI) telah efektif dan controller berperan dalam menunjang efektifitas sistem pengendalian manajemen pada perusahaan tersebut. Penulis mengajukan saran antara lain, perusahaan diharapkan dapat mempertahankan kinerja controller yang baik dan juga diharapkan dapat mempertahankan penerapan sistem pengendalian manajemen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6138
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 41.24Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.41Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 100.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 219.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 196.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 216.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 57.58Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.14Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record