PERANAN METODE PEMERIKSAAN DOKUMEN DALAM AUDIT INVESTIGATIF UNTUK MENGUNGKAP ADANYA KASUS KORUPSI (Studi kasus pada POLDA JABAR)

Widyatama Repository

PERANAN METODE PEMERIKSAAN DOKUMEN DALAM AUDIT INVESTIGATIF UNTUK MENGUNGKAP ADANYA KASUS KORUPSI (Studi kasus pada POLDA JABAR)

Show full item record

Title: PERANAN METODE PEMERIKSAAN DOKUMEN DALAM AUDIT INVESTIGATIF UNTUK MENGUNGKAP ADANYA KASUS KORUPSI (Studi kasus pada POLDA JABAR)
Author: Sakti, Abriano
Abstract: Dalam pemerintahan Indonesia saat ini, korupsi (fraud) sudah menjadi hal yang sering terjadi. Hal ini dimungkinkan karena longgarnya pengawasan dari pihak yang lebih berwenang, atau dengan kata lain pendelegasian wewenang di dalam tubuh aparatur pemerintahan sudah sangat tidak efektif. Internal control bisa dikatakan sebagai kunci permasalahan dimana bisa terjadinya kecurangan, disamping orang tersebut mempunyai kesempatan dan mempunyai dorongan untuk melakukan kecurangan tersebut. Hal ini disebabkan karena terdapatnya orang-orang tidak bertanggung jawab serta mementingkan kepentingan individualnya masing-masing, jelas ini sangat mencoreng citra negara dimata dunia. Untuk itu pencegahan dan pemberantasannya perlu semakin ditingkatkan. Namun pemberantasan korupsi sampai saat ini belum menunjukan hasil yang maksimal karena ada banyak kendala pada proses pengindikasian adanya suatu kejahatan atau kecurangan. Bantuan yang dapat diberikan berkenaan dengan korupsi dan kecurangan adalah audit investigatif. Tujuan dari dilaksanakanya audit investigatif adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan metode pemeriksaan dokumen dalam audit investigatif untuk mengungkap adanya kasus korupsi yang terjadi pada penggunaan dana bantuan tanggap darurat dan bencana alam pada APBN tahun anggaran 2004 di pemerintah kabupaten X. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengadakan penelitian pada salah satu kasus yang ditangani oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat dengan mengadakan studi kasus secara lansung pada tempat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif yaitu penelitian yang sifatnya hanya melakukan eksplorasi dan berusaha mencari ide-ide atau hubungan-hubungan yang baru. Adapun variable X dalam penelitian ini adalah Audit Investigatif dan variable Y nya adalah kasus korupsi yang timbul dalam penggunaan dana bantuan bencana alam. Hipotesis yang diajukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah Metode pemeriksaan dokumen berperan terhadap audit investigatif dalam mengungkap adanya kasus korupsi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, simpulan yang dapat diambil penelitian ini adalah metode pemeriksaan dokumen memiliki peranan yang cukup besar dalam mengungkap adanya kasus korupsi di institusi pemerintah. Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, hipotesis yang semula diajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6136
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 36.10Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.92Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 95.11Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 296.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 76.83Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 175.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.02Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.48Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record