PENGARUH REALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PERIODE BERIKUTNYA (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Garut)

Widyatama Repository

PENGARUH REALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PERIODE BERIKUTNYA (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Garut)

Show full item record

Title: PENGARUH REALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PERIODE BERIKUTNYA (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Garut)
Author: Pramanita, Vera
Abstract: Skripsi yang berjudul “Pengaruh Realisasi Pendapatan Asli Daerah Terhadap Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Periode Berikutnya” (Studi kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Garut) beranjak dari masalah yang sedang dihadapi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Garut sekarang ini. Adapun masalah tersebut adalah masih lemahnya kemampuan PAD, sehingga akan berpengaruh terhadap realisasi PAD yang merupakan acuan dalam penyusunan APBD periode berikutnya. Penelitian ini mencoba untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) periode berikutnya. Dengan menggunakan metode deskriptif, penulis berusaha untuk memecahkan masalah melalui data yang dikumpulkan untuk kemudian diolah, dianalisis, dan diproses lebih lanjut. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang positif antara realisasi PAD terhadap penyusunan APBD periode berikutnya. Ini mengandung arti bahwa diantara realisasi PAD dengan penyusunan APBD periode berikutnya mempunyai hubungan yang searah. Pengujian hipotesis tersebut menggunakan analisis regresi dan analisis korelasi. Pengujian dengan analisis regresi ditujukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara realisasi PAD (independent variable) terhadap penyusunan APBD periode berikutnya (dependent variable). Hasil analisis regresi ini menunjukkan nilai b atau koefisien regresi adalah 0,00036 dan bertanda positif yang berarti bahwa hubungan antara variabel independen dan variabel dependen bersifat searah. Artinya setiap perubahan atau kenaikkan pada nilai variabel independen maka akan berbanding lurus dengan perubahan atau kenaikkan pada variabel dependen. Pengujian dengan analisis korelasi ditujukan untuk mengetahui kuat lemahnya hubungan variabel independen dengan variabel dependen. Hasil analisis korelasi menunjukkan nilai r atau koefisien korelasi adalah 0,9558 artinya hubungan antara kedua variabel tersebut adalah kuat dan bersifat searah. Sementara itu besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dapat ditunjukkan dengan koefisien determinasi yaitu sebesar 91,4%. Dalam pengujian hipotesis penulis menggunakan statistik uji “t”. Bila thitung lebih besar dari ttabel maka keputusan statistiknya Ho ditolak atau H1 diterima. Hasil pengujian hipotesis ini menunjukkan thitung sebesar 4,601 dan ttabel sebesar 2,13. Artinya bahwa antara realisasi PAD dengan penyusunan APBD periode berikutnya terdapat korelasi positif. Dengan demikian nilai t hitung > t tabel sehingga keputusan statistiknya adalah Ho ditolak atau H1 diterima, maka hipotesis “Terdapat pengaruh yang positif antara realisasi PAD terhadap penyusunan APBD periode berikutnya” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6127
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.972Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.65Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.96Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 31.08Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.77Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.61Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 21.95Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.00Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.76Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 93.77Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 61.08Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 114.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.70Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.38Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record