HUBUNGAN PENERAPAN MANAJEMEN KUALITAS TERPADU (TOTAL QUALITY MANAGEMENT) TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN INVESTASI (RETURN ON INVESTMENT) (Survei di Sepuluh Perusahaan (BUMN) di Bandung)

Widyatama Repository

HUBUNGAN PENERAPAN MANAJEMEN KUALITAS TERPADU (TOTAL QUALITY MANAGEMENT) TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN INVESTASI (RETURN ON INVESTMENT) (Survei di Sepuluh Perusahaan (BUMN) di Bandung)

Show full item record

Title: HUBUNGAN PENERAPAN MANAJEMEN KUALITAS TERPADU (TOTAL QUALITY MANAGEMENT) TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN INVESTASI (RETURN ON INVESTMENT) (Survei di Sepuluh Perusahaan (BUMN) di Bandung)
Author: Rouly H., Sunarty
Abstract: Dalam penelitian yang berjudul “ Hubungan Penerapan Manajemen Kualitas Terpadu (Total Quality Management) terhadap Tingkat Pengembalian Investasi (Return On Investment)” ini penulis meneliti apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan Manajemen Kualitas Terpadu (TQM) terhadap Tingkat Pengembalian Investasi (ROI). Penelitian ini dilakukan di sepuluh perusahaan (BUMN) di Bandung yang berbasis manufaktur dan yang telah menerapkan konsep Total Quality Management. Metode yang digunakan adalah metode survei dan data-data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, kepustakaan dan dokumentasi. Untuk mengetahui besarnya hubungan antar variabel (mengukur tingkat korelasi antara kedua variabel) digunakan Analisis Korelasi Rank Spearman. Tingkat signifikansi yang digunakan adalah sebesar 0,05. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, penulis menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara penerapan TQM terhadap Tingkat Pengembalian Investasi (ROI). Hal ini ditunjukkan oleh t-hitung (2,659) lebih besar daripada t-tabel (1,860). Besarnya hubungan antara penerapan Manajemen Kualitas Terpadu (TQM) terhadap Tingkat Pengembalian Investasi (ROI) dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 adalah sebesar 68,5 %. Ini menunjukkan hubungan yang kuat dan signifikan positif antara kedua variabel, ditunjukkan oleh nilai rs yang positif (rs=0,685), artinya hubungan yang berbanding lurus ; jika penerapan Manajemen Kualitas Terpadu (TQM) semakin baik, maka akan semakin meningkatkan Tingkat Pengembalian Investasi (ROI). Saran bagi perusahaan adalah agar memberikan pelatihan dan pemantapan konsep peningkatan kualitas kepada personil yang bertugas, melakukan evaluasi secara rutin terhadap penerapan manajemen kualitas periode sebelumnya, memberikan penghargaan kepada karyawan atas kontribusi yang besar terhadap peningkatan kualitas dan produktivitas, serta memperbaiki koordinasi antar fungsi pada suatu divisi. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah agar memperluas penelitian dari satu divisi menjadi satu perusahaan, di perusahaan-perusahaan industri khususnya kawasan berikat, dengan mengubah jenis pendekatan dan metode penelitiannya, lalu pengukuran kinerja perusahaan agar lebih luas dengan memasukkan unsur finansial dan nonfinansial.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6126
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.66Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.26Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.92Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.07Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.37Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.25Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.58Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.59Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 60.85Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 126.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 69.24Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 79.20Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.36Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record