PENGARUH SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK TRANSAKSI SURAT POS TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL TRANSAKSI SURAT POS PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK TRANSAKSI SURAT POS TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL TRANSAKSI SURAT POS PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK TRANSAKSI SURAT POS TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL TRANSAKSI SURAT POS PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO)
Author: Riany, Rika
Abstract: Surat pos sebagai salah satu produk layanan PT. Pos Indonesia (Persero) membutuhkan perhatian dan pengamanan yang optimal, karena menyangkut berita yang merupakan amanat pengirim yang harus disampaikan dan merupakan sumber pendapatan yang sangat potensial bagi perusahaan. Pengirim berita memerlukan penanganan yang melindungi dari kecurangan dan penyelewengan. Untuk itu perusahaan dituntut untuk menciptakan suatu sistem dan prosedur yang efektif dalam transaksi surat pos. Sistem dan prosedur tersebut harus ditunjang oleh pengendalian internal yang memadai. Penggunaan Sistem Pengolahan Data Elektronik dalam transaksi surat pos memungkinkan seluruh prosedur menjadi lebih cepat, aman dan data yang dihasilkan dapat diandalkan, sehingga dapat tercapainya tujuan pengendalian internal. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Sistem Pengolahan Data Elektronik terhadap Efektivitas Pengendalian Internal transaksi surat pos, penulis mengujinya dengan menggunakan koefisien korelasi Rank Spearman dengan N=8 tingkat signifikan 0,05. Objek penelitian pada skripsi ini adalah PT. Pos Indonesia (Persero) yang berlokasi di Jl. Asia Afrika No. 49 Bandung, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rs hitung dengan fakta koreksi (0,818) > nilai rs table (0,643) yang berarti hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima, yaitu penggunaan Sistem Pengolahan Data Elektronik transaksi surat pos mempunyai pengaruh positif terhadap Efektivitas Pengendalian Internal transaksi surat pos. Hasil akhir yang akan dikemukakan dalam penulisan ini adalah simpulan dan saran. Simpulan diperoleh dari hasil dan pembahasan pada bab IV bahwa Sistem Pengolahan Data Eletronik sudah sangat memadai dan Pengendalian Internal transaksi surat pos dilaksanakan dengan sangat efektif sehingga dapat bermanfaat bagi pemakai. Adapun saran-saran yang disampaikan penulis kepada PT. Pos Indonesia (Persero) adalah sebagai bahan pertimbangan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada dan meningkatkan profesionalisme pegawai dalam melaksanakan aktivitasnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6125
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.721Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.96Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.66Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.48Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.22Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.13Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.30Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.01Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 94.62Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 86.29Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 141.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.93Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.52Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record