ANALISIS MODEL ALTMAN ORIGINAL Z-SCORE DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR PUBLIK DI INDONESIA (Penelitian pada Emiten Industri Food and Baverage yang Terdaftar di PT. Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

ANALISIS MODEL ALTMAN ORIGINAL Z-SCORE DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR PUBLIK DI INDONESIA (Penelitian pada Emiten Industri Food and Baverage yang Terdaftar di PT. Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: ANALISIS MODEL ALTMAN ORIGINAL Z-SCORE DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR PUBLIK DI INDONESIA (Penelitian pada Emiten Industri Food and Baverage yang Terdaftar di PT. Bursa Efek Jakarta)
Author: Ma’ruf, Nurman Nasrullah
Abstract: Perkembangan perekonomian di era globalisasi yang pesat menuntut perusahaan untuk memperkuat fundamental manajemennya agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Pihak manajemen sebagai ujung tombak perusahaan maupun investor, kreditur dan pihak berkepentingan lainnya yang berada di luar perusahaan juga dituntut untuk dapat mengetahui perkembangan yang ada di dalam perusahaan. Ketidakmampuan untuk menilai kondisi perusahaan dapat mengakibatkan kerugian. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menilai kondisi suatu perusahaan dan bahkan dapat memprediksi terjadinya kebangkrutan di suatu perusahaan khususnya di perusahaan yang telah go public adalah model Altman Original Z-Score. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Altman Original Z-Score dapat menunjukkan terjadinya kebangkrutan perusahaan manufaktur publik di Indonesia. Adapun populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur publik yang tergabung dalam sektor industri food and beverage. Sedangkan dalam penentuan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapat 16 perusahaan yang listing dari tahun 2000 hingga tahun 2004 untuk menjadi sampel penelitian. Berdasarkan data dan analisis Original Z-Score tahun 2004 yang diperkuat oleh analisis Z-Score pada tahun-tahun sebelumnya, maka terdapat 8 perusahaan yang diprediksi akan mengalami kebangkrutan pada dua tahun setelah data tersebut diteliti atau pada tahun 2006. Perusahaan-perusahaan tersebut berada dalam kategori bangkrut karena mempunya nilai Z-Score dibawah 1,8. Pengujian statistik menggunakan time series method dan uji hipotesis one sample t-test dengan tingkat signifikansi 95%, α = 5% (0.05) dan derajat kebebasan df = n-1. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa model Altman Original Z-Score tidak menunjukkan kebangkrutan perusahaan manufaktur publik di Indonesia. Salah satu hal yang menyebabkan analisis ini tidak menunjukkan kebangkrutan perusahaan manufaktur publik di Indonesia, diantaranya dalam model Altman Original Z-Score hanya berdasarkan pada analisis laporan keuangan atau aspek moneter saja sedangkan aspek non-moneter tidak dilibatkan. Padahal perusahaan-perusahaan di Indonesia sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek non-moneter. Hal tersebut dapat dilihat dari delapan perusahaan food and beverage yang dinyatakan akan bangkrut pada tahun 2006 menurut hasil Z-Score namun pada kenyataannya masih dapat menjalankan usahanya hingga penelitian ini dilakukan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6122
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.74Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.72Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.94Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.92Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.24Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.50Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.70Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 57.04Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 102.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 61.71Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 136.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.95Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.59Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record