PERANAN ANGGARAN PENJUALAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi kasus pada PD. Setia Kawan Motor – Ciamis)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN PENJUALAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi kasus pada PD. Setia Kawan Motor – Ciamis)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN PENJUALAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi kasus pada PD. Setia Kawan Motor – Ciamis)
Author: Asih, Nina Kurnia
Abstract: Keberhasilan manajemen dalam mengelola perusahaan dapat dilihat dari sejauhmana tujuan perusahaan yang telah ditetapkan tercapai. Salah satu tujuan perusahaan adalah tercapainya target penjualan. Untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan tersebut, maka pengelola perusahaan harus bertumpu pada fungsi perencanaan dan fungsi pengendalian. Salah satu alat bantu yang digunakan dalam menjalankan fungsi perencanaan dan fungsi pengendalian adalah anggaran. Pada hakekatnya peranan anggaran penjualan adalah sebagai tolok ukur dalam pelaksanaan kegiatan penjualan di perusahaan dan agar anggaran dapat berperan sebagai tolok ukur maka anggaran penjualan tersebut perlu disusun sesuai dengan karakteristik anggaran secara memadai dan diterapkan dengan baik dalam perusahaan. Berdasarkan pertimbangan tersebut maka penulis membahas mengenai peranan anggaran penjualan sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas penjualan. Untuk penulisan skripsi ini, penulis memilih PD. Setia Kawan Motor yang berlokasi di Jl. Mr. Iwa Kusumasumantri – Ciamis sebagai objek penelitian. Penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peranan anggaran penjualan sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Data primer diperoleh melalui penelitian lapangan yaitu dengan mengadakan observasi, wawancara, memberikan daftar pertanyaan (kuesioner) serta mengumpulkan catatan dan dokumen yang berhubungan dengan objek yang sedang diteliti. Untuk mendukung hipotesis yang penulis rumuskan yaitu anggaran penjualan yang memadai, berperan dalam menunjang efektivitas penjualan, penulis mengajukan beberapa pertanyaan kepada Bagian Penjualan, Bagian Administrasi, Bagian Pembelian, Bagian Akuntansi, dan Bagian Keuangan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penysunan anggaran penjualan pada PD. Setia Kawan Motor sudah memadai, dan pengendalian penjualan yang dilakukan sudah efektif. Sedangkan menurut Champion diperoleh prosentase sebesar 77.63%, berada antara 76% - 100%. Berarti anggaran penjualan yang disusun oleh perusahaan sangat berperan dalam meningkatkan efektivitas penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6121
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 40.61Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.62Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.62Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 8.315Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.04Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.73Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.65Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.22Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 74.62Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 48.35Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 78.77Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.89Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.31Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record