PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada Badger Invaders Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada Badger Invaders Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus pada Badger Invaders Bandung)
Author: Mulnawarman
Abstract: Dalam dunia usaha dewasa ini, perusahaan dihadapkan pada persaingan yang ketat, kegiatan produksi semangkin memegang peranan yang penting untuk kelancaran aktivitas perusahaan. Perusahaan dituntut harus mampu memperoleh dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi yang dimiliki secara efektif dan efesien. Salah satunya adalah pengendalian biaya produksi yang merupakan komponen biaya terbesar yang dikeluarkan perusahaan dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. Dengan demikian diharapkan akuntansi pertanggungjawaban dapat membantu manajemen dalam menunjang pengendalian biaya produksi. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis mencoba melakukan penelitian mengenai “Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi”. Perusahaan yang menjadi lokasi penelitian adalah Badger Invaders Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaiannya penerapan akuntansi pertanggungjawaban dan mengetahui peranan akuntansi pertanggungjawaban dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya produksi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan berupa kuesioner, wawancara serta observasi langsung, dan penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca dan mempelajari teori-teori yang berhubungan dengan akuntansi pertanggungjawaban. Untuk membuktikan hipotesis didasarkan pada klasifikasi menurut Champion. Dari hasil perhitungan jawaban kuesioner menunjukkan bahwa besarnya nilai untuk variable akuntansi pertanggungjawaban yang memadai adalah 83,15%, jika dihubungkan dengan kriteria yang telah ditentukan berarti akuntansi pertanggungjawaban yang diterapkan oleh Badger Invaders dapat diterima. Sedangkan untuk variable efektivitas pengendalian biaya produksi diperoleh nilai sebesar 82.5%, yang berarti pengendalian biaya produksi di Badger Invaders dilaksanakan dengan baik. Hal ini menunjukkan hipotesis “Akuntansi pertanggungjawaban yang diterapkan secara memadai akan berperan terhadap efektivitas pengendalian biaya produksi ”, dapat diterima. Kesimpulan penulis dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada Badger Invaders mengenai peranan akuntansi pertanggungjawaban dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya produksi, secara keseluruhan dinilai cukup berperan. Untuk meningkatkan efektivitasnya, Badger Invaders perlu membuat sistem penghargaan untuk para karyawannya dan perlu lebih serius dalam menindaklanjuti atas penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6119
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.30Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.31Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.27Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.79Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.71Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.89Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.91Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.05Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.57Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 101.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 54.82Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 87.10Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.72Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.72Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record