PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA CV. SINAR BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA CV. SINAR BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA CV. SINAR BANDUNG
Author: Lukas
Abstract: Perkembangan perindustrian dan teknologi pada saat ini mengharuskan perusahaan berhadapan secara ketat dengan para pesaing dalam memasarkan produk perusahaan. Dalam upaya memperluas pasar dan menentukan saluran distribusi yang tepat perusahaan harus dapat menggunakan strategi yang baik, perusahaan dituntut untuk lebih teliti di dalam menentukan saluran distribusi yang tepat dan selektif. Tujuan penulis melakukan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas saluran distribusi yang telah dilakukan oleh perusahaan, untuk mengetahui kendala yang mempengaruhi aktivitas saluran distribusi dan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan saluran distribusi dan volume penjualan. Objek penelitian yang dilakukan penulis adalah CV. Sinar Bandung yang berlokasi di jalan Aruna no 199/72 Bandung , yang bergerak dalam bidang industri tekstil. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Di mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian pustaka (library research). Untuk menganalisis data-data yang penulis dapatkan dari pihak perusahaan, penulis menggunakan metode analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Adapun hasil analisis koefisien korelasi dari penelitian ini adalah : a. Analisis Koefisien Korelasi, menunjukkan bahwa nilai r mendekati 1, yaitu r = 0,9 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat dan searah antara saluran distribusi dengan volume penjualan. b. Analisis Koefisien Determinasi, menunjukkan hasil penelitian bahwa pengaruhnya sebesar 81% yang berati peningkatan volume penjualan dipengaruhi oleh saluran distribusi sebesar 81% dan selebihnya sebesar 19% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti harga, produk, pesaing dan lainlain. ii c. Dari perhitungan uji hipotesis ternyata t hitung (3,68), lebih besar dari t tabel (2,353). Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya jumlah perantara dengan peningkatan volume penjualan terdapat hubungan yang signifikan. Dari hasil pembahasan di atas dapat diketahui bahwa saluran distribusi mempunyai hubungan kuat dan searah terhadap volume penjualan. Di mana peningkatan saluran distribusi akan menyebabkan volume penjualan meningkat. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah saluran distribusi yang digunakan oleh perusahaan ini sudah cukup baik dan tepat, hal ini dapat dilihat dari volume penjualan yang terus meningkat yang dikarenakan oleh penimngkatan saluran distribusi yang digunakan oleh CV. Sinar Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6116
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.216Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 24.85Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.28Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 24.85Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.79Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.66Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.57Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 38.32Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 60.53Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 65.17Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 116.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.56Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.98Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record