PENGARUH TINGKAT LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP PROFITABILITAS BANK (Studi Survei pada bank-bank go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

PENGARUH TINGKAT LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP PROFITABILITAS BANK (Studi Survei pada bank-bank go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: PENGARUH TINGKAT LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP PROFITABILITAS BANK (Studi Survei pada bank-bank go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)
Author: Jaya, Indra
Abstract: Bank adalah lembaga keuangan yang berfungsi sebagai financial intermediary yang berarti menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat ke dalam bentuk pinjaman. Dilihat dari struktur aset bank, kredit atau pinjaman merupakan aktiva produktif terbesar sehingga pendapatan bunga yang diperoleh bank dari penyaluran kredit ini merupakan pendapatan terbesar yang diperoleh bank. Tapi karena sumber dana utama yang digunakan untuk membiayai penyaluran kredit tersebut berasal dana pihak ketiga maka besarnya pendapatan bunga tersebut akan diikuti pula dengan besarnya beban bunga yang harus dibayar kepada nasabah. Oleh karena itu pihak bank harus dapat menentukan besarnya tingkat bunga yang paling efektif sehingga kredit yang disalurkan dapat menghasilkan laba yang sebesar-besarnya. Penelitian yang berjudul “Pengaruh tingkat Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Profitabilitas Bank.” Ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikann dan seberapa besar pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Profitabilitas Bank yang dinyatakan dengan Return on Asset (ROA). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan survei. Sementara untuk menganalisis data, digunakan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan teknik analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana sebagai alat bantu perhitungannya. Sampel penelitian adalah 7 bank go public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, dengan data penelitian berasal dari laporan keuangan masing-masing bank pada periode tahun 2003-2005. Dari hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi yaitu : Y = 0,239 + 0,059 X. Persamaan tersebut mengandung pengertian bahwa, pada saat tingkat Loan to Deposit Ratio (LDR) sebesar 0%, maka profitabilitas bank adalah sebesar 0,239%. Kemudian setiap terjadi perubahan tingkat Loan to Deposit Ratio (LDR) sebesar 1% akan menyebabkan peningkatan profitabilitas bank sebesar 0,059%. Kemudian dari perhitungan analisis korelasi didapat nilai korelasi ( r ) positif sebesar 0,818. Hal ini mengandung arti bahwa apabila Loan to Deposit Ratio (LDR) meningkat, maka profitabilitas bank juga ikut meningkat. Nilai 0,818 menunjukkan keeratan hubungan yang sangat kuat antara variabel X dengan variabel Y. Kemudian dari hasil perhitungan koefisien determinasi ( r2 ) didapat nilai sebesar 66,98%, atau dengan kata lain tingkat Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh sebesar 66,98% terhadap tingkat profitabilitas bank. Dari hasil uji statistik t didapat nilai t hitung sebesar 6,208 dan t tabel ( α = 0,05, df = n-2 ) sebesar 2,093. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan t tabel. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang diajukan bahwa tingkat Loan to Deposit Ratio (LDR) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Profitabilitas Bank dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6113
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.74Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 27.91Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.57Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.23Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.56Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.36Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.66Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.18Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.33Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 108.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 66.12Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 69.53Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 25.82Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.59Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record