PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PT.Telemedia Nusantara, Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PT.Telemedia Nusantara, Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PT.Telemedia Nusantara, Bandung)
Author: Ratnasari, Hema
Abstract: Anggaran sebagai alat pengendalian manajemen yang merupakan serangkaian tahapan untuk memastikan bahwa seluruh aspek dilaksanakan oleh setiap pusat pertanggungjawaban berorientasi pada operasi dan pengelolaan yang efektif dan efisien. Perusahaan yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah PT. Telemedia Nusantara yang berlokasi di Jl. Batununggal Indah IV No.59 Bandung, yang bergerak di biadang telekomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan anggaran biaya ooperasional dalam menunjang pengendalian biaya operasional. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan berupa kuesioner, wawancara serta observasi langsung, dan penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca dan mempelajari teori-teori yang berhubungan dengan anggaran biaya operasional. Dari data yang diperoleh, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dan dianalisis dengan menggunakan rank spearman dan koefisien determinasi. Dengan analisis rank spearman sebesar 0,939, menunjukkan bahwa terdapat peranan yang signifikan dalam pengendalian biaya operasional. Untuk koefisien determinasi sebesar 88,17% menunjukkan besarnya peranan anggaran operasional terhadap efektivitas pengendalian biaya operasional. Selain itu untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, menunjukkan ditolaknya hipotesis nol. Berdasarkan hasil pengujian statistik tersebut , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan yang signifikan antara peranan anggaran biaya operasional dalam menunjang pengendalian biaya operasional, sedangkan saran yang disampaikan merupakan bahan pertimbangan bagi perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6110
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 7.418Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.41Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 24.76Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 31.01Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.00Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.10Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.65Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.26Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 79.60Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 108.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 132.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.80Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.01Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record