MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP TINGKAT KOLEKTIBILITAS KREDIT (Suatu studi kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Ujung Berung Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP TINGKAT KOLEKTIBILITAS KREDIT (Suatu studi kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Ujung Berung Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP TINGKAT KOLEKTIBILITAS KREDIT (Suatu studi kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Ujung Berung Bandung)
Author: Puritasari, Dona
Abstract: Dalam peranannya bank sebagai Financial Intermediary atau perantara keuangan dari pihak yang kelebihan dana kepada pihak yang membutuhkannya, dana yang dihimpun oleh bank kemudian akan disalurkan kembali untuk tujuan yang bersifat produktif dalam bentuk pemberian pinjaman (kredit), misalnya untuk membiayai kegiatan usaha (modal kerja) atau memperluas usaha (ekspansi). Namun dalam penyaluran dana dalam bentuk kredit tersebut, sering timbul masalah di kemudian hari, khususnya mengenai kelancaran pengembalian pokok pinjaman beserta bunganya sehingga timbul kredit bermasalah. Hal ini akan sangat mengganggu kegiatan dan hubungan kedua belah pihak terutama pihak penyalur dana yaitu bank. Oleh karena itu pihak bank perlu untuk melakukan analisa terhadap keuangan debitur agar dapat memprediksi tingkat kolektibilitas kredit. Laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan. Tujuan analisis laporan keuangan adalah untuk mengetahui likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan stabilitas usaha dari suatu perusahaan. Dari hasil analisis tersebut dapat memberikan informasi kepada pihak eksternal mengenai kondisi keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk Cabang Ujungberung Bandung yang merupakan Bank Umum milik Pemerintah yang telah go public. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat dari analisis laporan keuangan terhadap tingkat kolektibilitas kredit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu analisa yang menggambarkan masalah-masalah secara sistematis, aktual, dan akurat kemudian membandingkannya dengan teori yang menunjang. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada PT.Bank Rakyat Indonesia (persero),Tbk cabang Ujungberung Bandung didapatkan hasil bahwa pelaksanaan analisis laporan keuangan telah memadai yaitu salah satunya adalah dengan analisa rasio keuangan, dan ini terbukti pada tingkat persentase dari kolektibilitas kredit yang menunjukkan bahwa kredit lancar sebesar 79%, kredit kurang lancar sebesar 11%, kredit diragukan sebesar 4%, kredit macet sebesar 6%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6109
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.20Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 32.20Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.70Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.12Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.09Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.77Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.49Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.28Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 136.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 75.63Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 35.73Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.46Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record