ANALISIS PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Studi Survei pada Dua Perusahaan Tambang yang Go Public di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

ANALISIS PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Studi Survei pada Dua Perusahaan Tambang yang Go Public di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: ANALISIS PENGARUH PERPUTARAN KAS, PERPUTARAN PIUTANG, DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Studi Survei pada Dua Perusahaan Tambang yang Go Public di Bursa Efek Jakarta)
Author: Pawitri, Wiwit
Abstract: Semakin terbatasnya sumber kekayaan alam sebagai faktor modal serta semakin majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menjadikan dunia usaha sebagai ajang pertarungan yang semakin bersifat kompetitif. Oleh karena itu tersedianya modal kerja yang cukup juga dapat menjaga perusahaan terhadap kemungkinan terjadinya krisis modal kerja akibat turunnya aktiva lancar dan dari bahaya-bahaya atau kesulitan keuangan yang mungkin akan terjadi. Pada berbagai jenis industri terdapat 3 (tiga) komponen modal kerja, yaitu: kas, piutang, dan persediaan. Dengan mengetahui tingkat perputaran masing-masing komponen modal kerja diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih akurat kepada pihak yang berkepentingan sehingga akan lebih bermanfaat lagi dalam pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh manajemen. Penelitian ini dilakukan pada 2 (dua) perusahaan tambang yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perputaran 3 (tiga) komponen modal kerja yang ada pada masingmasing perusahaan dalam kaitannya dengan tingkat profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yag dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih, tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel lain. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, penulis menemukan bahwa perputaran komponen modal kerja tidak secara keseluruhan mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaan. Dilihat dari perusahaan PT. Antam Tbk., diantara ketiga komponen modal kerja hanya perputaran kas yang memiliki pengaruh terhadap tingkat profitabilitas. Untuk perputaran piutang dan perputaran persediaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat profitabilitas. Hal ini dapat dilihat dari uji perhitungan statistik yang menyatakan H0 diterima. Sedangkan pada PT. Inco Tbk. tidak ada komponen modal kerja yang memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat profitabilitas. Walaupun diantara ketiganya memiliki hubungan yang kuat dilihat dari uji normalitasnya, akan tetapi dengan bantuan software SPSS 13 dapat dilihat bahwa ketiga komponen modal kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa tingkat profitabilitas tidak hanya ditentukan oleh tiga komponen modal kerja (perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan) saja. Akan tetapi ada faktor-faktor lain yang memperkuat ketiganya untuk mempengaruhi tingkat profitabilitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6102
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.958Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.44Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.14Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.59Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.38Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.94Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.68Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.96Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 53.97Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 99.81Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 54.30Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 110.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.42Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.04Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record