PENGARUH BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP TINGKAT LABA PERUSAHAAN (Survey terhadap perusahaan yang listing di BEI 2005-2007)

Widyatama Repository

PENGARUH BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP TINGKAT LABA PERUSAHAAN (Survey terhadap perusahaan yang listing di BEI 2005-2007)

Show full item record

Title: PENGARUH BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP TINGKAT LABA PERUSAHAAN (Survey terhadap perusahaan yang listing di BEI 2005-2007)
Author: Kesumanegara, Wisnu
Abstract: Biaya merupakan salah satu unsur dalam mengurangi laba perusahaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggung jawab sektor bisnis dalam kaitannya dengan semua pihak yang terlibat, mempengaruhi dan terkena dampak dari sebuah kegiatan bisnis. Dalam melaksanakan Corporate Social Responsibility perusahaan tentunya membutuhkan dana untuk mengwujudkannya, dimana dana tersebut tentunya akan menjadi biaya perusahaan. Yang menjadi persoaalan adalah apa manfaat dari biaya yang dikeluarkan perusahaan tersebut. Perusahaan tidak dapat lepas dari lingkungan maupun masyarakat sekitarnya, karena keduanya mempunyai hubungan yang satu sama lain saling membutuhkan, oleh sebab itu timbulah kesadaran perusahaan untuk berkonstribusi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Berdasarkan uraian tersebut penulis mencoba membahas mengenai pengaruh dari biaya corporate social responsibility terhadap tingkat laba perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan serta pengaruh dari biaya CSR terhadap tingkat laba perusahaan yang nantinya diharapkan dapat diketahui mengenai manfaat dari biaya corporate social responsibility yang dikeluarkan perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis membuat hipotesis awal bahwa biaya CSR mempengaruhi tingkat laba perusahaan. Penulis menggunakan 5 (lima) sampel (purposive sampling) perusahaan yang mengikuti ISRA (Indonesia Sustanaibility Report Award) 2008 dan terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2005-2007. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan uji korelasi product moment dan regresi sederhana untuk mengetahui hubungan dan pengaruh dari biaya CSR terhadap tingkat laba perusahaan Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, didapatkan adanya hubungan dan pengaruh yang kuat sebesar 66.1 % antara biaya corporate social responsibility dengan tingkat laba perusahaan dan sisanya sebesar 33.9 % dipengaruhi oleh faktor yang lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang dikemukakan penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6101
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 34.50Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 46.82Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 55.05Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 55.81Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 63.34Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 51.31Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 41.22Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 46.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 91.39Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 128.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 127.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 259.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 61.07Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 49.85Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record