PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN [Studi Kasus pada PT Ultra Jaya Milk Industry and Trading Company]

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN [Studi Kasus pada PT Ultra Jaya Milk Industry and Trading Company]

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN [Studi Kasus pada PT Ultra Jaya Milk Industry and Trading Company]
Author: Apriyan, Tito
Abstract: Aktivitas penjualan memegang peranan penting karena dari aktivitas inilah akan terbentuk pendapatan, oleh karena itu aktivitas penjualan perlu dikendalikan. Pengendalian penjualan memerlukan laporan yang menganalisis aktivitas penjualan yang mengungkapkan perkembangan yang tidak diinginkan untuk memungkinkan diadakan tindakan koreksi, maka diperlukan suatu bagian yang bersifat independent untuk melaksanakan audit internal di dalam perusahaan. Dalam kedudukan yang tidak terlibat langsung dalam aktivitas operasional, audit internal dapat menilai semua aktivitas perusahaan, juga memberikan bantuan dalam memberikan informasi yang benar dan objektif menyangkut keakuratan data penjualan yang akan dijadikan dasar pengambilan keputusan. Untuk penulisan skripsi ini, penulis mengidentifikasikan masalah-masalah yang akan menjadi pokok bahasan dalam skripsi ini, yaitu: (a) Apakah audit internal telah dilaksanakan secara memadai (b) Apakah pengendalian intern atas penjualan telah dilaksanakan secara efektif (c) Apakah peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas penjualan.Dalam skripsi ini penulis memilih PT. Ultra Jaya Milk Industry and Trading Company sebagai objek penelitian. Penelitian yang penulis lakukan adalah mengenai peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas penjualan. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah: (a) Mengetahui dan menilai memadai tidaknya pelaksanaan audit internal penjualan yang dijalankan perusahaan; (b) Mengetahui dan menilai pengendalian intern atas penjualan telah dilaksanakan secara efektif (c) Mengetahui peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas penjualan perusahaan. Penulis mengambil hipotesis bahwa “Audit Internal yang memadai dapat meningkatkan efektivitas Penjualan.” Setelah melakukan penelitian, penulis memperoleh data dan informasi mengenai gambaran umum perusahaan, kegiatan audit internal, pengendalian intern dalam meningkatkan efektivitas penjualan, kemudian penulis melakukan pengujian hipotesis dengan melakukan analisis spearman, deskriptif analisis dan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Audit internal yang diterapkan oleh PT. Ultra Jaya Milk Industry and Trading Company cukup berperan, (2) Pengendalian intern penjualan sangat berperan yang terlihat dengan dipenuhinya unsur-unsur pengendalian intern, (3) Audit internal yang memadai berperan dalam meningkatkan efektivitas penjualan. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa Audit internal atas penjualan dapat meningkatkan efektivitas penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6096
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 69.75Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 82.06Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 73.44Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 90.81Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 87.27Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 73.75Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 73.57Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 74.06Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 96.13Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 247.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 460.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 283.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 95.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 83.07Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record