PENGARUH RETURN ON INVESTMENT DAN RASIO KECUKUPAN DANA TERHADAP JUMLAH IURAN PENSIUN PEMBERI KERJA PADA PROGRAM PENSIUN MANFAAT PASTI (StudiKasus Pada Dana Pensiun Len)

Widyatama Repository

PENGARUH RETURN ON INVESTMENT DAN RASIO KECUKUPAN DANA TERHADAP JUMLAH IURAN PENSIUN PEMBERI KERJA PADA PROGRAM PENSIUN MANFAAT PASTI (StudiKasus Pada Dana Pensiun Len)

Show full item record

Title: PENGARUH RETURN ON INVESTMENT DAN RASIO KECUKUPAN DANA TERHADAP JUMLAH IURAN PENSIUN PEMBERI KERJA PADA PROGRAM PENSIUN MANFAAT PASTI (StudiKasus Pada Dana Pensiun Len)
Author: Budiasih, Telly
Abstract: Dana Pensiun merupakan suatu badan hukum yang mengelola dan menjalankan program pensiun. Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) mencatat terjadi penurunan jumlah dana pensiun dalam kurun waktu tahun 2004-2008. Salah satu penyebabnya adalah kurang mampunya dana pensiun dalam mengelola investasinya sehingga menambah beban iuran pendiri untuk menutupi kewajiban manfaat pensiun yang harus dibayarkan kepada para pesertanya. Kemampuan mengelola investasi diukur dengan ROI dan kemampuan membayar kewajiban manfaat pensiun dengan RKD. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Return On Invetsmnet dan Rasio Kecukupan Dana terhadap Jumlah Iuran Pensiun Pemberi Kerja pada Program Pensiun Manfaat Pasti . Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Return On Investment dan Rasio Kecukupan Dana terhadap Jumlah Iuran Pensiun baik secara parsial maupun secara simultan. Objek dalam penelitian ini adalah laporan keuangan semesteran Dana Pensiun PT Len Industri (Persero) periode tahun 2005 sampai dengan 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Untuk menguji hipotesis digunakan Uji F dan t dengan taraf signifikansi 5%, regressi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Return On Investment dan Rasio Kecukupan Dana tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap jumlah iuran pensiun. Sedangkan secara simultan Return On Investment dan Rasio Kecukupan Dana memiliki pengaruh signifikan terhadap jumlah iuran pensiun. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan angka 66,5%, yang berarti bahwa Return On Investment dan Rasio Kecukupan Dana memiliki pengaruh terhadap jumlah iuran pensiun sebesar 66,5% dan sisanya 33,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Dana Pensiun PT Len Industri (Persero) sebaiknya melakukan perbaikan atas kinerjanya. Cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan lebih cermat dalam memilih portofolio investasi dan juga meningkatkan kualitas pengelolaan Dana Pensiun.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6095
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 36.36Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.85Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 102.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 462.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 122.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 379.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 45.07Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.99Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record