PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM (Survei Penelitian pada Perusahaan Industri Rokok yang Go Public di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM (Survei Penelitian pada Perusahaan Industri Rokok yang Go Public di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM (Survei Penelitian pada Perusahaan Industri Rokok yang Go Public di Bursa Efek Indonesia)
Author: Sukmawati, Surviaratih
Abstract: Analisis harga saham di masa yang akan datang biasa dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Analisis fundamental menganggap bahwa harga saham dapat diprediksi dengan mengestimasi nilai faktor-faktor fundamental, sedangkan analisis teknikal menganggap bahwa komoditi perdagangan yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran. Berdasarkan hal di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Return On Equity dan Earning Per Share terhadap harga saham. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Industri Rokok yang sahamnya telah Go Public di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2009. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan menunjukkan dugaan tentang hubungan sementara dua variabel atau lebih dan teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan Purposive Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan Industri Rokok selama lima tahun berturut-turut yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2005-2009. Untuk mengolah dan menganalisis data yang telah dikumpulkan, penulis melakukan perhitungan dengan menggunakan metode statistik Analisis Regresi Berganda, dan Koefisien Korelasi dengan menggunakan program SPSS 15.0. Berdasarkan hasil perhitungan secara statistik menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Return On Equity terhadap harga saham. Diperoleh t-hitung untuk variabel Return On Equity ( X1) lebih kecil dari (t= - 1,904 < 1,740) dan juga ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji statistik sebesar 0, 074. Artinya kesalahan untuk mengatakan ada pengaruh dari Return On Equity terhadap harga saham sebesar 7,4%. Sedangkan hasil perhitungan Earning Per Share secara statistik menunjukkan bahwa Earning Per Share berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Diperoleh nilai lebih besar dari nilai (t= 3,185 > 1,740) dan juga ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji statistik untuk variabel X2 sebesar 0,005, artinya kesalahan untuk mengatakan ada pengaruh dari Earning Per Share terhadap harga saham sebesar 0,5%. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan berdasarkan hasil penelitian tersebut bagi perusahaan adalah kemampuan dalam meningkatkan modal dan laba, dalam hal ini ditujukkan dengan nilai keuntungan per lembar saham (Earning Per Share) karena kedua hal tersebut berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya adalah perlunya rasio keuangan yang lain dimasukkan sebagai prediktor dari harga saham untuk menambah keakuratan analisis.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6094
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 7.123Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 43.00Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 104.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 222.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 265.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 145.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.66Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.69Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record