ANALISIS PENERAPAN METODE PENYUSUTAN AKTIVA TETAP PADA PT INDORAMA SYNTHETICS Tbk. (Studi Kasus Dilakukan pada PT Indorama Synthetics Tbk Purwakarta)

Widyatama Repository

ANALISIS PENERAPAN METODE PENYUSUTAN AKTIVA TETAP PADA PT INDORAMA SYNTHETICS Tbk. (Studi Kasus Dilakukan pada PT Indorama Synthetics Tbk Purwakarta)

Show full item record

Title: ANALISIS PENERAPAN METODE PENYUSUTAN AKTIVA TETAP PADA PT INDORAMA SYNTHETICS Tbk. (Studi Kasus Dilakukan pada PT Indorama Synthetics Tbk Purwakarta)
Author: Rachmayani, Siska
Abstract: Penelitian yang penulis lakukan pada PT Indorama Synthetics Tbk dimaksudkan untuk penyusunan skripsi, yang merupakan salah satu syarat dalam menempuh ujian program Strata I Akuntansi pada Universitas Widyatama Bandung. Sasaran yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan penerapan metode penyusutan aktiva tetap yang diterapkan oleh PT Indorama Synthetics Tbk serta bagaimana pengaruh pemilihan metode penyusutan aktiva tetap dalam hubungannya dengan tingkat laba yang akan diperoleh perusahaan. Penyusutan adalah alokasi jumlah suatu aktiva yang dapat disusutkan sepanjang masa manfaat yang diestimasi. Besar kecilnya beban penyusutan dipengaruhi oleh 4 faktor, diantaranya: harga peolehan , nilai residu, masa manfaat serta pola penggunaan Ada beberapa metode penyusutan yang sesuai dengan PSAK no 17 yaitu : metode penyusutan garis lurus, metode penyusutan jumlah angka tahun, metode penyusutan saldo menurun ganda, metode penyusutan jam jasa, metode penyusutan jumlah unit produksi, metode penyusutan berdasarkan jenis dan kelompok. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PT Indorama Synthetics Tbk, menggunakan metode penyusutan garis lurus untuk aktiva tetap dalam bentuk bangunan, prasarana, dan mesin. Sedangkan untuk aktiva tetap dalam bentuk peralatan, perabotan dan kendaraan, perusahaan menggunakan metode penyusutan saldo menurun. Penggabungan kedua metode penyusutan ini mengakibatkan pembebanan biaya penyusutan yang terus menurun setiap periodenya. Sehingga laba yang akan diperoleh perusahaan akan terus meningkat disetiap tahunnya. Setelah melakukan penelitian ini, penulis menyarankan agar perusahan lebih teliti dalam menentukan masa manfaat dari suatu aktiva tetap, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap jumlah biaya penyusutan yang akan dibebankan dan hal itu akan mampengaruhi tingkat laba yang akan diperoleh perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6093
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.72Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 49.10Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.78Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 36.34Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 59.82Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 31.99Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 35.16Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 80.30Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 276.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 93.16Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 380.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.94Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.76Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record