PERAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company)

Widyatama Repository

PERAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company)

Show full item record

Title: PERAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PENGGAJIAN (Studi Kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company)
Author: Saiful
Abstract: Salah satu fungsi perusahaan yang kaitannya dengan keputusan manajemen adalah fungsi dari akuntansi yang bertanggungjawab mengontrol dan melaporkan kinerja keuangan perusahan. Agar penggajian yang dihasilkan sesuai dengan prosedur, maka diperlukan suatu sistem yang integritas dari keseluruhan proses bisnis yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem ERP yang diimplementasikan dan untuk mengetahui peran implementasi sistem ERP terhadap efektifitas pengendalian internal penggajian pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian data yang dikumpulkan melalui proses pembagian kuesioner, observasi serta wawancara ke bagian yang berhubungan dengan masalah yaitu pengendalian internal penggajian. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Rank Spearman. Hasil perhitungan menggunakan bantuan dari tabel derajat kebebasan (df) dimana N – 2 = 6 – 2 = 4, dan menggunakan tingkat signifikan sebesar 0,05. Di peroleh t tabel sebesar 2,132 dan t hitung 2,421, jadi karena t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil ini menunjukkan bahwa Implementasi Enterprise Resourse Planning (ERP) “berperan” dalam menunjang efektifitas pengendalian internal penggajian pada PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan PT. Ultrajaya Industry and Trading Company, Tbk. penulis membuat kesimpulan dan saran. Kesimpulan yang diperolah adalah terpenuhinya unsur-unsur pada sistem ERP, unsur-unsur pengendalian internal penggajian dan tercapainya tujuan pengendalian internal penggajian. Sedangkan saran yang sampaikan merupakan bahan pertimbangan bagi pihak manajemen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6091
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 72.13Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 59.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 54.46Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 92.24Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 95.00Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 127.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 447.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 255.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 329.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 96.47Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 56.69Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record