ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PRODUKSI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS INTERNAL KONTROL ATAS KUALITAS PRODUK (Studi kasus pada PT Dirgantara Indonesia Satuan Usaha Aerostructure-Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PRODUKSI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS INTERNAL KONTROL ATAS KUALITAS PRODUK (Studi kasus pada PT Dirgantara Indonesia Satuan Usaha Aerostructure-Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PRODUKSI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS INTERNAL KONTROL ATAS KUALITAS PRODUK (Studi kasus pada PT Dirgantara Indonesia Satuan Usaha Aerostructure-Bandung)
Author: Octavina, Rini
Abstract: Pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang pesat mendorong berkembangnya perusahaan menjadi besar. Semakin berkembangnya suatu perusahaan, maka semakin luas dan kompleks aktivitas dan permasalahan yang akan dihadapi. Diantara segala aktivitas perusahaan yang ada, aktivitas produksi merupakan aktivitas yang penting dalam perusahaan yang berhubungan dengan kualitas produk. Hal ini disebabkan karena aktivitas produksi berkaitan dengan kualitas produk yang dihasilkan, pengendalian kualitas merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Karena tanpa adanya pengendalian kualitas akan semakin banyak produk yang gagal dan tidak bisa menghasilkan kualitas yang baik. Sistem informasi akuntansi sangat berguna bagi pihak manajemen yang terbatas kemampuannya dalam mengendalikan segala sesuatu yang terjadi dalam perusahaan dan untuk mengatasi kekeliruan dalam menetapkan kelayakan produk untuk dipasarkan pada pelanggan. Untuk itu diperlukan sistem informasi akuntansi produksi yang memadai, yang dapat menunjang efektivitas internal kontrol atas kualitas produk. Berdasarkan latar belakang di atas penulis tertarik melakukan penelitian di PT Dirgantara Indonesia yang berlokasi di Jl.Padjajaran 154 Bandung, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan sistem informasi akuntansi dalam menunjang efektivitas internal kontrol atas kualitas produk pada perusahaan tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh penulis dengan tujuan untuk mengetahui peranan sistem informasi akuntansi produksi yang dijalankan secara memadai dan menunjang efektivitas internal kontrol atas kualitas produk. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam pengujian hipotesis dan menjawab masalah-masalah mengenai pengendalian internal atas kualitas produk, maka penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi produksi yang diterapkan pada PT Dirgantara Indonesia Indonesia yang meliputi: adanya komponen utama sistem informasi akuntansi dan adanya tujuan sistem informasi akuntansi telah dilaksanakan dengan sangat memadai. Internal kontrol atas kualitas produk pada PT Dirgantara Indonesia juga sangat efektif, dibuktikan dengan adanya komponen utama internal kontrol dan adanya tujuan internal kontrol atas kualitas produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada PT. Dirgantara Indonesia, penulis membuat kesimpulan bahwa sistem informasi akuntansi produksi yang dilaksanakan secara memadai berperan dalam menunjang efektivitas internal kontrol atas kualitas produk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6089
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 104.5Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 113.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 136.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 152.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 318.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 274.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 745.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 128.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 117.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record