PERANAN ANGGARAN BIAYA PROMOSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada Hotel Geulis)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN BIAYA PROMOSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada Hotel Geulis)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN BIAYA PROMOSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus pada Hotel Geulis)
Author: Putra, Rian Primardani
Abstract: Penyusunan anggaran semakin menarik untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya persaingan perusahaan dibidang pariwisata yaitu perhotelan, terutama di kota-kota besar. Pada perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan, proses promosi merupakan kegiatan yang sangat penting demi kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan. Untuk itu biasa digunakan anggaran yang dapat berfungsi selain sebagai alat perencanaan juga sebagai alat pengendalian. Dalam penelitian ini, dilakukan penelitian mengenai peranan anggaran pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan, yaitu Hotel Geulis dengan membahas bagaiman penyusunan anggaran biaya promosisebagai alat bantu pengendalian manajemen yang memadai dilakukan dan bagaimana untuk meningkatkan volume penjualan. Setelah diketahui bagaimana penerapan kedua hal tersebu, maka dapat diteliti bagaimana peranan anggaran biaya promosi sebagai alat pengendalian manajemen dalam meningkatkan volume penjualan. Langkah pertama yang dilakukan dalam penerapan anggaran adalah menetapkan besarnya biaya yang dianggarkan, lalu dilakukan pengukuran atas pelaksanaan yang sesungguhnya dan langsung dibandingkan dengan anggaran untuk mengetahui besarnya penyimpangan yang terjadi. Setelah itu dilakukan perhitungan selisih agar diketahui apa yang menjadi penyebab terjadinya penyimpangan tersebut sehingga dapat dilakukan perbaikan. Metode penelitian menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Dalam penelitian penulis berusaha mengumpulkan data dan informasi yang memadai untuk diolah, dianalisis dan kemudian disimpulkan. Penelitian studi kasus adalah penelitian yang dilakukan pada satu perusahaan saja, sedangkan pendekatan deskriptif analitis adalah penelitian ditujukan untuk mengumpulkan data yang dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai suatu objek penelitian untuk kemudian dilakukan analisis terhadap objek penelitian tersebut Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, Anggaran biaya promosi yang disusun perusahaan telah berperan dalam meningkatkan volume penjualan, hal ini ditunjang oleh persentase hasil perhitungan jawaban kuesioner yang dapat menunjukan hubungan antara anggaran biaya promosi dengan peningkatan volume penjualan adalah sebesar 90%, dengan demikian sesuai dengan kriteria yang sudah disebutkan, maka disimpulkan bahwa Anggaran biaya promosi sebagai alat pengendalian manajemen sangat berperan dalam meningkatkan volume penjualan. i
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6088
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.66Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 40.91Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.39Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 43.91Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 48.24Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 30.51Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.68Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 60.47Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 206.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 146.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 318.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 48.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 36.42Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record