MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DAN NON KEUANGAN CALON DEBITUR SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA SEHINGGA DAPAT MENGHINDARI KREDIT MACET PADA BANK (Studi Kasus pada PT. BII Tbk Kantor Cabang Kota Sukabumi)

Widyatama Repository

MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DAN NON KEUANGAN CALON DEBITUR SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA SEHINGGA DAPAT MENGHINDARI KREDIT MACET PADA BANK (Studi Kasus pada PT. BII Tbk Kantor Cabang Kota Sukabumi)

Show full item record

Title: MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DAN NON KEUANGAN CALON DEBITUR SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA SEHINGGA DAPAT MENGHINDARI KREDIT MACET PADA BANK (Studi Kasus pada PT. BII Tbk Kantor Cabang Kota Sukabumi)
Author: Lestari, Resse
Abstract: Bagi suatu bank, kredit merupakan sumber utama penghasilan bank sekaligus sumber risiko bisnis terbesar dimana ada kemungkinan kredit tak tertagih (kredit macet). Kredit macet adalah suatu risiko yang melekat pada suatu kredit bank, maka seleksi calon debitur adalah hal yang wajib dilakukan oleh pihak bank. Proses penyaringan yang dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangan dan non keuangan calon debitur. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengadakan penelitian mengenai manfaat analisis laporan keuangan dan non keuangan calon debitur sebagai dasar pengambilan keputusan pemberian kredit modal kerja sehingga dapat menghindari kredit macet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan analisis laporan keuangan dan non keuangan debitur dalam pengajuan pinjaman atau kredit yang memadai, untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pemberian kredit yang dilakukan telah dilaksanakan secara memadai, dan untuk mengetahui sejauh mana manfaat analisis laporan keuangan dan non keuangan dalam proses pengambilan keputusan pemberian kredit modal kerja. Kredit diberikan dengan adanya kepercayaan dari kedua belah pihak. Dalam memberikan kredit, suatu bank perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan pemanfaatan dari pemberian kredit tersebut dan kemudian analisis terhadap kondisi perusahaan calon debitur. Bagaimanapun juga aktivitas pemberian kredit ini mengandung tingkat resiko tertentu, untuk menghindarinya maupun untuk memperkecil resiko kredit yang terjadi maka bank harus mengadakan penilaian yang seksama atas dasar syarat-syarat teknis bank melalui analisis laporan keuangan dan analisis laporan non keuangan. Metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, penulis melakukan penelitian lapangan dengan instrumen berupa kuesioner, wawancara dan observasi, serta penelitian kepustakaan. Adapun untuk melakukan pengujian hipotesis, penulis menggunakan analisis regresi linier multipel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, PT. Bank International Indonesia Cabang Sukabumi telah melaksanakan analisis laporan keuangan dan non keuangan debitur dengan memadai, serta pengambilan keputusan pemberian kredit yang dilakukan oleh PT. Bank International Indonesia Cabang Sukabumi telah dilaksanakan secara efektif. Sedangkan berdasarkan analisis regresi linier multipel, diperoleh hasil bahwa analisis laporan keuangan dan analisis laporan non-keuangan secara bersama-sama atau individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pemberian kredit modal kerja.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6086
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 27.77Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 28.21Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.26Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 190.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 437.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 309.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 571.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.96Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 34.92Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record