PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASI ( Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry, Tbk. )

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASI ( Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry, Tbk. )

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASI ( Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry, Tbk. )
Author: Barus, Novendy
Abstract: Penelitian ini ditekankan pada permasalahan mengenai kemampuan audit internal dalam melakukan pengendalian biaya operasi. Dalam meneliti permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian pada PT.Ultrajaya Milk Industry Tbk Bandung. Penulis mengumpulkan data dan informasi tentang obyek penelitian yang diperoleh dengan melakukan studi kepustakaan dan studi lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif dengan pendekatan studi kasus, sedangkan dalam pengujian hipotesis digunakan Metode Statistik Rank Spearman Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) PT.Ultrajaya Milk Industry Tbk melakukan pemeriksaan internal yang dilakukan oleh divisi Internal Audit, dimana Kinerja audit internal PT.Ultrajaya Milk Industry Tbk sangat memadai. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai persentase untuk kinerja audit internal yang memadai menunjukan bahwa independensi audit internal adalah 93%, kompetensi audit internal adalah 90%, ruang lingkup audit internal adalah 92,80%, pelaksanaan audit internal adalah 92% dan manajemen bagian audit internal adalah 92%. Sedangkan Efektivitas Pengendalian Biaya Operasi, berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan 79% membandingkan kinerja aktual, menyiapkan laporan kinerja yang berisi hasil aktual adalah 72%, analisis penyimpangan antara hasil aktual dengan yang direncanakan 80,66%, mencari dan mengembangkan tindakan alternatif 77,33%, tindakan koreksi 74% dan tindak lanjut atas pengendalian 80,66%. (2) Audit Internal memiliki peranan yang signifikan dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya operasi. Hal ini didapat berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner sebesar 65,12%. Maka berdasarkan perhitungan tersebut hipotesis yang diajukan penulis diterima, dimana “audit internal mempunyai peranan yang memadai dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya operasi”. Setelah melakukan penelitian penulis mencoba memberikan saran bahwa pada PT.Ultrajaya Milk Industry Tbk sebaiknya lebih meningkatkan Peran Audit Internal dalam memberikan ruang lingkupnya yang luas dalam kegiatan pengendalian biaya operasi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6080
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 47.75Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 47.42Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 50.45Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 54.49Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 54.59Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 38.83Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 38.70Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 80.26Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 112.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 116.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 120.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 67.81Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 51.79Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record