HUBUNGAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN TERHADAP PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL ( Study survey dilakukan pada dua perusahaan BUMN di Kota Bandung )

Widyatama Repository

HUBUNGAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN TERHADAP PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL ( Study survey dilakukan pada dua perusahaan BUMN di Kota Bandung )

Show full item record

Title: HUBUNGAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN TERHADAP PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL ( Study survey dilakukan pada dua perusahaan BUMN di Kota Bandung )
Author: Maulana, Morgan Morgana
Abstract: Auditor internal mempunyai peranan penting bagi sebuah organisasi untuk menguji dan mengevaluasi kegiatan organisasi yang dikerjakan. Kemajuan zaman dalam era globalisasi ini menuntut kemampuan profesional seorang auditor internal untuk mempertahankan kompetensinya. Dalam rangka untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan serta perubahan sikap atau perilaku kerja auditor internal maka diadakan pendidikan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan berkelanjutan dengan profesionalisme auditor internal pada dua BUMN yang berada di kota Bandung yaitu PT PLN ( Persero ) dan PT Telekomunikasi Indonesia ( Tbk ), di mana pendidikan berkelanjutan sebagai variabel independen dan profesionalisme auditor internal sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survey. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan menggunakan skala ordinal dan metode likert. Dalam mengukur pendidikan berkelanjutan dan profesionalisme auditor internal di dalam kedua BUMN, data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada auditor internal PT PLN ( Persero ) dan PT Telekomunikasi Indonesia ( Tbk ) yang terdiri dari 53 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui pengujian statistik dengan menggunakan korelasi Rank Spearman ( rs ). Tingkat keyakinan yang digunakan adalah 95% atau taraf kesalahan 5%. Melalui pengujian dua pihak dihasilkan bahwa t hitung sebesar 7,718 yang ternyata lebih besar dari t tabel sebesar 2,000. Artinya, hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis yang penulis ajukan (Ha) terbukti dan dapat diterima. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan berkelanjutan dan profesionalisme auditor internal di PT PLN ( Persero ) dan PT Telekomunikasi ( Tbk ) telah baik. Penelitian ini juga menyatakan bahwa rerdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan berkelanjutan dengan profesionalisme auditor internal di dalam perusahaan. Artinya, semakin tinggi pendidikan berkelanjutan, maka akan semakin tinggi profesionalisme auditor internal. Dari hasil penelitian, penulis mengajukan saran bagi peneliti selanjutnya yaitu: Penelitian mengenai hubungan pendidikan berkelanjutan terhadap profesionalisme auditor internal dengan wilayah penelitian yang lebih luas cakupannya dan penambahan indikator-indikator dan variabel lainnya. Misalnya dengan menambahkan indikator Community affiliation dalam variabel profesionalisme auditor internal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6077
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 71.82Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 83.74Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 75.90Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 91.79Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 88.47Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 77.49Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 75.26Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 78.04Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 117.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 267.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 351.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 564.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 86.54Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 89.26Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record