ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA RASIO KEUANGAN DENGAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DALAM MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Survei pada Perusahaan Pertambangan Batubara yang Telah Go Public)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA RASIO KEUANGAN DENGAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DALAM MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Survei pada Perusahaan Pertambangan Batubara yang Telah Go Public)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA RASIO KEUANGAN DENGAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DALAM MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Survei pada Perusahaan Pertambangan Batubara yang Telah Go Public)
Author: Aly, Hany Husnaeni
Abstract: Suatu perusahaan untuk menarik para investor harus menunjukkan kinerja perusahaan yang baik agar perusahaan tersebut dapat going concern. Karena banyaknya metode analisis untuk menilai kinerja maka penulis tertarik untuk menilai hubungan antara analisis rasio keuangan dengan EVA dalam menilai kinerja perusahaan. Berdasarkan pemikiran tersebut penulis mengambil judul “Analisis Hubungan antara Rasio Keuangan dengan Economic Value Added (EVA) dalam Menilai Kinerja Perusahaan”, yang penelitiannya dilakukan pada dua perusahaan tambang batubara yang telah terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan pendekatan survei. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang kemudian diolah, dan dianalisis. Untuk metode analisis menggunakan metode regresi sederhana dan korelasi product moment. Untuk pengujian hipotesisnya, menggunakan statistik uji t dengan tingkat keyakinan 0,95 (α = 0,05) dan untuk metode analisis tersebut penulis menggunakan software computer SPSS for Widows 12.0. Hasil penelitian menunjukkan persamaan Y = 2,641- 0, 659X dengan nilai koefisien korelasi product moment sebesar 37,7%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara rasio keuangan dengan EVA dalam menilai kinerja perusahaan. Faktor lain yang mempengaruhi EVA sebesar 62,3% antara lain keadaan ekonomi yang cukup labil, kurs mata uang yang cukup berfluktuasi dan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6063
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.28Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 40.49Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 79.86Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 33.27Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 44.73Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 43.22Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 30.72Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.32Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 51.67Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 284.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 122.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 513.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 84.21Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.80Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record