PENGARUH EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP EFEKTIVITAS LABA KOTOR PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company,Tbk)

Widyatama Repository

PENGARUH EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP EFEKTIVITAS LABA KOTOR PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company,Tbk)

Show full item record

Title: PENGARUH EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI TERHADAP EFEKTIVITAS LABA KOTOR PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company,Tbk)
Author: Magdalena, Gracelia
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektivitas pelaksanaan anggaran biaya produksi mempunyai pengaruh terhadap efektivitas laba kotor perusahaan. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu efektivitas pelaksanaan anggaran biaya produksi sebagai variabel bebas dan pencapaian laba kotor perusahaan sebagai variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dan metode deskriptif analisis. Data sekunder diperoleh dari laporan-laporan perusahaan yang berkaitan dengan laporan laba rugi dan anggaran biaya produksi dan laba kotor perusahaan serta studi kepustakaan. Hipotesis dari penelitian ini adalah apakah efektifitas pelaksanaan anggaran biaya produksi berpengaruh terhadap pencapaian laba kotor perusahaan. Penelitian ini menggunakan pengujian statistik dengan menggunakan Analisis Korelasi Pearson dan Analisis Regresi Linier Sederhana. Data diperoleh selama 5 periode laporan keuangan pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company,Tbk. Sedangkan uji signifikansi t digunakan untuk menguji koefisien Analisis Korelasi Pearson dan Analisis Regresi. Dari perhitungan dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana diperoleh hasil Y=189.64-0.89X, yang berarti bahwa setiap kenaikan efektivitas pelaksanaan anggaran biaya produksi akan diikuti oleh penurunan efektivitas laba kotor sebesar 0.89. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa efektivitas pelaksanaan anggaran biaya produksi memiliki hubungan linier yang negatif dengan efektivitas laba kotor perusahaan, dimana setiap kenaikan efektivitas pelaksanaan anggaran biaya produksi akan diikuti oleh penurunan efektivitas laba kotor sebesar 0.97. Besarnya pengaruh efektivitas pelaksanaan anggaran biaya produksi terhadap pencapaian laba kotor adalah 94.09%, sedangkan besarnya pengaruh faktor-faktor lain yang tidak diteliti terhadap pencapaian laba kotor adalah 5.91%. Dari hasil pengujian statistik dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0.05) dan derajat kebebasan 3, besarnya pengaruh efektivitas pelaksanaan anggaran biaya produksi terhadap pencapaian laba kotor perusahaaa adalah signifikan. Hal ini terlihat dari besar thitung = -6.91 yang lebih kecil dari ttabel = -2.353 sehingga hipotesis alternative diterima dan hipotesis nol ditolak, yaitu efektivitas pelaksanaan anggaran biaya produksi berpengaruh terhadap pencapaian laba kotor perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6062
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 73.65Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 105.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 88.52Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 106.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 111.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 78.40Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 78.17Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 109.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 213.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 179.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 182.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 90.92Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 77.57Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record