PENGARUH KOMPETENSI DEWAN TENTANG ANGGARAN DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS SEKTOR PUBLIK (Survei pada DPRD tingkat II KabupatenPurwakarta)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI DEWAN TENTANG ANGGARAN DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS SEKTOR PUBLIK (Survei pada DPRD tingkat II KabupatenPurwakarta)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI DEWAN TENTANG ANGGARAN DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS SEKTOR PUBLIK (Survei pada DPRD tingkat II KabupatenPurwakarta)
Author: Nurcahya, Flin Arifianto
Abstract: Kondisi sosial politik dan perkembangan bidang ketatanegaraan di Indonesia dengan adanya amandemen UUD 1945 dan terbitnya Tap-Tap MPR serta berbagai Undang-Undang yang baru, yang diantaranya adalah Undang- Undang No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang No.33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah menciptakan paradigma baru peningkatan desentralisasi dan otonomi daerah. Implikasi positif dari berlakunya Undang-Undang tentang otonomi daerah yang berkaitan dengan kedudukan, fungsi dan hak-hak DPRD, diharapkan DPRD akan lebih aktif dalam menangkap aspirasi yang berkembang dimasyarakat. DPRD bersama-sama dengan Pemerintah juga dituntut untuk menciptakan good governance dalam menyelenggarakan pemerintahannya dengan mengedepankan akuntabilitas dan transparansi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi dewan tentang anggaran dan pengawasan keuangan daerah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap akuntabilitas keuangan sektor publik. Penelitian dilakukan pada Panitia Anggaran DPRD Kabupaten Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan metode statistik yang digunakan adalah metode statistik nonparametrik. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner terhadap 24 anggota Panitia Anggaran. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel yang diteliti, dengan koefisien korelasi sebesar 0,6648. Dari penelitianini juga diketahui bahwa koefisien determinasinya sebesar 44,2%, artinya bahwa pengaruh kompetensi dewan tentang anggaran dan pengawasan keuangan daerah terhadap akuntabilitas keuangan sektor publik, sebesar 44,2% dan sisanya yaitu 55,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6061
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 128.9Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 105.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 110.9Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 110.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 149.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 171.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 324.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 374.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 178.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record