PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi Kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk)

Widyatama Repository

PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi Kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk)

Show full item record

Title: PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi Kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk)
Author: Megapranawa, Basith
Abstract: Masalah gaji bagi perusahaan perlu dilakukan secara serius dan hati – hati untuk dapat menghindari kemungkinan adanya penyelewengan, kecurangan, kekeliruan yang dapat merugikan perusahaan maupun karyawan. Dalam mengendalikan biaya gaji diperlukan suatu pengendalian internal gaji. Dalam mengawasi pengelolaan dan pengendalian internal gaji, peranan controller dalam perusahaan sangat dibutuhkan. Controller bertanggung jawab atas terlaksananya pengendalian internal, termasuk pengendalian internal gaji. Penulis melakukan penelitian pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang berlokasi di Jalan Japati no.1 Bandung. Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan pengendalian internal gaji yang diterapkan perusahaan dan untuk mengetahui peranan controller dalam menunjang efektivitas pengendalian internal gaji pada perusahaan. Hipotesis yang diuji dalam penulisan skripsi ini adalah ”Controller yang memadai dapat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal gaji”. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode deskriptif merupakan metode penelitian yang menggambarkan secara rinci dan sistematis mengenai kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan objek penelitian berdasarkan bukti – bukti yang diperoleh, kemudian menganalisis hubungan sebab akibat yang terjadi dari masing – masing variabel untuk memperoleh suatu kesimpulan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan yaitu kuesioner, wawancara, observasi dan melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan yaitu pengendalian internal gaji pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk telah efektif dan Controller berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal gaji pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Penulis mengajukan saran antara lain : Sebaiknya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk melakukan rotasi kerja pada bagian yang mengurusi penggajian secara berkala, sehingga pegawai tidak mengalami kejenuhan dalam melaksanakan pekerjaannya dan sebaiknya ada petugas khusus yang melakukan pengawasan secara langsung terhadap kegiatan absensi untuk mencegah kecurangan dengan menitipkan paraf kepada orang lain di kertas absensi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6047
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 25.75Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 26.60Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.33Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.06Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.00Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.39Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.91Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 40.59Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 62.58Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 38.58Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 117.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.51Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.49Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record