PENGARUH LAPORAN ARUS KAS TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Pt. Tdp Yang Bergerak Di Bidang Industri Tekstil)

Widyatama Repository

PENGARUH LAPORAN ARUS KAS TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Pt. Tdp Yang Bergerak Di Bidang Industri Tekstil)

Show full item record

Title: PENGARUH LAPORAN ARUS KAS TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Pt. Tdp Yang Bergerak Di Bidang Industri Tekstil)
Author: Yogantara, Anggia
Abstract: Bidang keuangan menjadi bidang yang sangat penting bagi perusahaan, untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, perusahaan harus dapat mengelola seluruh kekayaannya, kewajiban dan modal yang dimiliki semaksimal mungkin sehingga kegiatan operasi perusahaan dapat berjalan baik. Dalam menjalankan kegiatan usahanya, perusahaan harus menyusun laporan keuangan yang menggambarkan segala jenis transaksi yang terjadi di dalam perusahaan. Salah satu analisis laporan keuangan adalah analisis laporan arus kas yang sangat bermanfaat dan penting bagi perusahaan untuk menaksir kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas, dikarenakan kas merupakan unsur aktiva yang paling lancar atau dengan kata lain kas merupakan modal kerja yang paing likuid, sehingga dengan ketersediaan kas yang cukup maka perusahaan tidak akan kesulitan dalam memenuhi kewajiban yang jatuh tempo. Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian, yang kemudian hasilnya dituangkan dalam skripsi yang berjudul “Pengaruh Laporan Arus Kas Tehadap Tingkat Likuiditas Perusahaan” peneliti melakukan survei pada perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang industri “roll penggilingan padi” dengan menggunakan data laporan arus kas dalam kurun waktu tiga tahun yaitu 2003-2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis laporan arus kas untuk mengukur tingkat likuiditas perusahaan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif analisis dan verifikatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan adalah bahwa kinerja perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri “roll penggilingan padi” dalam kurun waktu 2003-2005 mengalami penurunan. Kinerja perusahaan yang diukur berdasarkan rasio likuiditas menggambarkan perusahaan tersebut memiliki permasalahan di dalam keuangan maupun kinerja perusahaan dikarenakan perusahaan memiliki permasalahan dalam laporan keuangan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan adanya perpindahan dari hutang jangka panjang ke hutang jangka pendek, dan investasi terhadap aktiva tetap berupa bangunan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6039
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 109.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 99.79Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 101.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 142.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 125.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 119.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 97.16Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 97.14Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 157.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 229.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 150.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 159.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 109.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 113.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record