PERANAN PENYUSUNAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industri & Trading Company, Tbk. )

Widyatama Repository

PERANAN PENYUSUNAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industri & Trading Company, Tbk. )

Show full item record

Title: PERANAN PENYUSUNAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industri & Trading Company, Tbk. )
Author: Sanny, Adrian Ismail
Abstract: Anggaran kas memberikan pemikiran mengenai kas dengan jalan memiliki alternatif yang paling tepat mengenai penyediaan dan penggunaannya berhubung masih tersedianya waktu yang cukup. Hal tersebut terjadi karena manajemen telah memberikan cara-cara untuk menutupi kekurangan kas serta cara penggunaan kas secara produktif. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi perusahaan untuk menyusun anggaran kas sebagai alat bantu manajemen untuk menunjang fungsi pengendalian, untuk memeriksa apakah terdapat internal kontrol yang cukup baik atas kas serta transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. Selain itu tujuan pengendalian kas adalah melindungi kas dari hal-hal yang dapat merugikan, agar aktivitas yang menyangkut arus kas dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya dan dapat menjaga posisi likuiditas perusahaan, serta menjaga agar jumlah kas yang tersedia pada perusahaan tidak terlalu besar yang dapat menimbulkan idle money atau jumlah kas yang tersedia tidak terlalu kecil yang dapat mengakibatkan terganggunya kelancaran kegiatan operasional perusahaan. Berdasarkan uraian di atas, penulis menyusun skripsi ini dengan judul “PERANAN PENYUSUNAN ANGGARAN KAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KAS”. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peranan penyusunan anggaran kas sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efetivitas pengendalian kas pada PT. Ultrajaya Milk Industry Bandung. Dalam penelitian ini terdapat tiga pokok pembahasan. Pertama, kememadaian penyusunan anggaran kas. Kedua, efektivitas pengendalian kas. Ketiga, peranan penyusunan anggaran kas sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas pengendalian kas. Di dalam penelitian ini, penulis menyebarkan 30 kuesioner kepada para responden di PT. Ultrajaya Milk Industry Bandung yang kompeten dalam penyusunan anggaran kas, yaitu bagian Keuangan dan Auditor internal perusahaan. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji statistik korelasi Rank Spearman dimana diperoleh hasil rs 0,630 yang dapat diinterpretasikan mempunyai hubungan yang kuat. Peningkatan efektivitas pengendalian kas di PT.Ultrajaya Milk Industry Bandung dipengaruhi oleh adanya penyusunan anggaran kas yang memadai sebesar 39,69%, sedangkan sisanya sebesar 60,31% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penghitungan, maka didapat thitung = 4.29, kemudian dibandingkan dengan ttabel = 1,701. Karena nilai thitung > ttabel , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti anggaran kas berpengaruh positif terhadap efektivitas pengendalian kas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6036
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.33Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 95.67Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 120.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 350.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 428.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 344.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.61Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 154.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record