PENGARUH RETURN ON INVESTMENT TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi survei pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

PENGARUH RETURN ON INVESTMENT TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi survei pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: PENGARUH RETURN ON INVESTMENT TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi survei pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)
Author: Kurniasih H., Tina
Abstract: Kinerja suatu perusahaan dapat dilihat dalam laporan keuangan yang menjelaskan keadaan yang terjadi di perusahaan tersebut. Return On Investment merupakan ratio yang dapat menjelaskan mengenai keadaan perusahaan secara keseluruhan. Nilai dari ratio ini diperoleh dengan membandingkan antara laba bersih setelah pajak dengan total aktiva perusahaan. Sedangkan harga suatu saham terbentuk dari keadaan jual beli yang terjadi di lantai bursa. Investasi yang akan dilakukan oleh investor harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk mempertimbangkan Return On Investment perusahaan. Semakin tinggi nilai Return On Investment, semakin baik kinerja perusahaan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara Return On Investment dengan perubahan harga saham. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi survei. Objek dalam penelitian ini perusahaan yang bergerak pada industri semen yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan periode waktu yang digunakan selama lima tahun dari tahun 1999 – 2003. Hipotesis yang diajukan bahwa “Return On Investment berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan harga saham”. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan menggunakan uji t dengan derajat kebebasan 5%. Hasil penelitian menyatakan bahwa PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk memiliki persamaan regresi Y = - 2,2402 + 1,3256X. Analisis korelasi menunjukkan pengaruh yang rendah dan searah (r = 0,2403). Pengaruh Return On Investment terhadap perubahan harga saham sangat rendah, yaitu dengan koefisien determinasi 5,77% dan sisanya sebesar 94,23% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Untuk PT Holcim Indonesia Tbk memiliki persamaan regresi Y = - 8,0210 – 0,0667X. Analisis korelasi menunjukkan pengaruh yang kuat dan berlawanan (r = - 0,6180) dengan pengaruh Return On Investment yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi cukup besar yaitu 38,19% dan sisanya sebesar 61,81% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Untuk PT Semen Gresik Tbk memiliki persamaan regresi 12,5741 – 18,7550X. Analisis korelasi menunjukkan pengaruh yang rendah dan berlawanan (r = - 0,2485) dengan pengaruh Return On Investment yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi sangat kecil yaitu 6,17% sisanya 93,83% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dari hasil uji t, keseluruhan sampel menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa Return On Investment tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan harga saham. Jadi, hipotesis yang diajukan penulis ditolak, berarti Return On Investment tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan harga saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6032
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.514Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.09Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.38Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.10Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.92Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.37Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.76Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 49.85Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 101.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 52.46Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 118.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 41.39Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.06Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record