PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBAYARAN GAJI (Studi kasus pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBAYARAN GAJI (Studi kasus pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PEMBAYARAN GAJI (Studi kasus pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)
Author: Kusumawardhani, Tika
Abstract: Berkembangnya organisasi perusahaan mengakibatkan semakin luas dan semakin kompleksnya semua aktivitas perusahaan. Diantara aktivitas-aktivitas perusahaan yang dilakukan, aktivitas penggajian merupakan salah satu aktivitas yang penting. Hal ini disebabkan aktivitas penggajian berhubungan dengan sumber daya manusia yang merupakan faktor dominan di dalam pencapaian tujuan perusahaan. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi akuntansi penggajian yang baik dan memadai, yang dapat menunjang efektivitas pengendalian internal pembayaran gaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan sistem informasi akuntansi penggajian dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pembayaran gaji pada perusahaan. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa sistem informasi akuntansi penggajian yang diterapkan secara memadai akan berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penggajian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penggajian yang diterapkan di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten adalah memadai, meliputi struktur organisasi beserta uraian tugasnya, dokumen, catatan, serta sistem prosedur yang dilaksanakan dengan baik dan persentase hasil perhitungan sebesar 97,6%. Pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten telah melaksanakan pengendalian internal pembayaran gaji secara efektif. Dapat dilihat dengan adanya lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan atas prosedur penggajian, dengan persentase hasil perhitungan sebesar 96,7%. Penelitian ini menunjukkan bahwa 97% sistem informasi akuntansi penggajian yang memadai sangat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal pembayaran gaji.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6031
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.934Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.02Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.59Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.29Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.77Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.00Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.60Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 46.24Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 79.55Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 39.03Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 127.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.99Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.96Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record