MANFAAT METODE HARGA POKOK PROSES DALAM MENGHITUNG HARGA POKOK PRODUKSI (Studi Kasus pada CV Pagarsih Jaya Sentosa Plastik)

Widyatama Repository

MANFAAT METODE HARGA POKOK PROSES DALAM MENGHITUNG HARGA POKOK PRODUKSI (Studi Kasus pada CV Pagarsih Jaya Sentosa Plastik)

Show full item record

Title: MANFAAT METODE HARGA POKOK PROSES DALAM MENGHITUNG HARGA POKOK PRODUKSI (Studi Kasus pada CV Pagarsih Jaya Sentosa Plastik)
Author: Saleh, Tantri
Abstract: Dalam melakukan efisiensi kegiatan perusahaan, yang dilakukan oleh perusahaan pada umumnya adalah dilihat dari segi biaya. Salah satu kebijaksanaan yang mengarah pada efektifitas dan efisiensi perusahaan adalah dengan pengelolaan yang baik terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan atau dengan melakukan evaluasi biaya. Peningkatan efektivitas dan efisiensi tersebut, tak lepas dari bagaimana manajemen perusahaan dapat merencanakan, mengorganisasikan dan mengawasi/mengevaluasi jalannya perusahaan. Salah satu kebijaksanaan yang mengarah pada efektifitas dan efisiensi perusahaan adalah dengan pengelolaan yang baik terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan atau dengan melakukan evaluasi biaya. Biaya yang menjadi beban produksi kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang sangat positif dalam menunjang kegiatan efisiensi dari perusahaan, karena dengan adanya evaluasi terhadap biaya – biaya yang menjadi beban produksi maka perusahaan dapat menentukan biaya – biaya yang menjadi beban produksi Informasi mengenai harga pokok proses dapat digunakan sebagai alat bantu manajemen dalam menghitung harga pokok produksi yang dihasilkan. Harga pokok produksi dapat dihitung dengan membagi jumlah harga pokok produksi yang dikeluarkan dengan jumlah unit yang diproduksi pada periode tertentu selama jangka waktu tertentu Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu metode yang akan menggambarkan keadaan perusahaan didasarkan atas hal-hal yang tampak dan nyata pada masalah yang diteliti. Data yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu berdasarkan data-data biaya produksi perusahaan dan data kuesioner yang diberikan kepada lima orang dari manajemen perusahaan. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Harga pokok proses memberikan manfaat sebesar 48,16% dalam menentukan harga pokok produksi di CV. Jaya Setosa Plastik sedangkan sisanya sebesar 51,84% ditentukan oleh faktor-faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini maka harga pokok proses di CV Pagarsih Jaya Sentosa Plastik belum sepenuhnya dimanfaatkan dalam menentukan harga pokok produksinya walaupun dari empat unsur sebagai indikator penetapan harga pokok produksi hanya satu unsur yaitu Harga pokok produksi sebagai dasar dalam menilai persediaan yang sudah dilaksanakan sepenuhnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6027
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 113.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 122.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 112.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 118.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 167.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 127.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 140.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 261.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 267.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 554.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 134.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 116.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record