ANALISIS PENGARUH INCOME SMOOTHING TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi survei pada Bursa Efek Jakarta)

Widyatama Repository

ANALISIS PENGARUH INCOME SMOOTHING TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi survei pada Bursa Efek Jakarta)

Show full item record

Title: ANALISIS PENGARUH INCOME SMOOTHING TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi survei pada Bursa Efek Jakarta)
Author: Marpaung, Sulu Malindo
Abstract: Tujuan dan maksud penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan return saham yang signifikan antara perusahaan yang melakukan dengan perusahaan yang tidak melakukan praktik perataan laba (income smoothing), di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Perataan laba dapat didefinisikan sebagai suatu tindakan yang disengaja dilakukan oleh perusahaan, dalam rangka mengurangi fluktuasi laba, sehingga laba yang dilaporkan tersebut tetap berada pada level yang dianggap normal, sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. Sampel penelitian ini terdiri dari 101 perusahaan yang terdaftar di BEJ selama periode 2002-2006, yang mana telah dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Model Eckel digunakan untuk mengklasifikasikan sampel tersebut kedalam kelompok income smoothers (yang melakukan praktik perataan laba) dan non-income smoothers (yang tidak melakukan praktik perataan laba). Dalam model Eckel ini, sasaran laba yang digunakan untuk tujuan klasifikasi yang dimaksud adalah net income after tax dan operating income. Penulis menggunakan metode cumulative wealth index sebagai indikator untuk mengukur return perusahaan. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah ttest untuk 2 sampel independen. Dari hasil pengujian yang dilakukan ternyata Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaaan return saham yang signifikan antara perusahaan yang melakukan income smoothers dengan non-income smoothers. Penulis menyimpulkan bahwa perusahaan dengan laba yang stabil tingkat pertumbuhannya (smoothing of income) tidak menjamin investor untuk memperoleh return yang lebih tinggi daripada perusahaan yang labanya berfluktuasi. Atau dengan kata lain tidak ada perbedaan return diantara perusahaan yang tingkat pertumbuhan labanya stabil (income smothers), dengan yang non-income smoothers.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6026
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 12.90Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 322.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.00Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 36.26Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 26.47Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.53Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.36Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 51.58Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 159.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 122.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 209.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 35.51Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record