PENGARUH REKOMENDASI ATAS TEMUAN AUDIT OPERASIONAL TERHADAP TINGKAT NON PERFORMING LOAN (NPL) (Studi Kasus pada PT. Bank X (Persero), Tbk Kantor Cabang Cimahi)

Widyatama Repository

PENGARUH REKOMENDASI ATAS TEMUAN AUDIT OPERASIONAL TERHADAP TINGKAT NON PERFORMING LOAN (NPL) (Studi Kasus pada PT. Bank X (Persero), Tbk Kantor Cabang Cimahi)

Show full item record

Title: PENGARUH REKOMENDASI ATAS TEMUAN AUDIT OPERASIONAL TERHADAP TINGKAT NON PERFORMING LOAN (NPL) (Studi Kasus pada PT. Bank X (Persero), Tbk Kantor Cabang Cimahi)
Author: Agustina, Shanti Sandra
Abstract: Kredit bermasalah atau Non Performing Loan merupakan masalah serius yang masih menghantui perbankan Indonesia sehingga harus segera ditangani dan diambil jalan keluarnya, karena kredit bermasalah tidak saja menimbulkan kerugian bagi bank tetapi juga mempengaruhi kesehatan bank itu sendiri. Untuk itu diperlukan review dan evaluasi berupa audit operasional untuk memastikan bahwa kegiatan perkreditan dalam hal ini pengelolaan kredit dapat berjalan secara efektif dan efisien sehingga kredit yang disalurkan tidak menjadi kredit bermasalah. Hasil dari audit operasional ini adalah rekomendasi yang berbentuk saransaran korektif dan konstruktif yang perlu segera ditindak lanjuti sehingga permasalahan tidak menyebar luas dan dapat segera ditangani, agar penanganannya lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah ada pengaruh yang signifikan antara rekomendasi atas temuan audit operasional terhadap tingkat Non Performing Loan (NPL). Dalam penelitian ini, rekomendasi atas temuan audit operasional diukur dengan menggunakan persentase jumlah rekomendasi atas temuan audit operasional bidang kredit yang ditindak lanjuti, sedangkan Non Performing Loan (NPL) diukur dari rasio Non Performing Loan (NPL). Penelitian ini dilakukan pada bank X yang berlokasi di kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan statistik parametrik melalui uji koefisien korelasi pearson, dan tingkat signifikansi α = 0,05 diperoleh hasil bahwa dalam menganalisis pengaruh rekomendasi atas temuan audit operasional terhadap tingkat Non Performing Loan (NPL) diperoleh nilai r = - 0,781; t = -5,598. Berarti bahwa rekomendasi atas temuan audit operasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat Non Performing Loan (NPL) di mana peningkatan rekomendasi atas temuan audit operasional akan menyebabkan penurunan pada tingkat Non Performing Loan (NPL).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6024
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 6.426Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.20Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.28Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.65Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.91Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.37Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.31Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 56.21Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 91.00Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 85.02Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 124.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.40Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.13Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record