MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENGAMBIAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT GUNA MENGAMANKAN KREDIT BANK (Studi kasus pada PT. Bank “X”. Tbk Capem Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENGAMBIAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT GUNA MENGAMANKAN KREDIT BANK (Studi kasus pada PT. Bank “X”. Tbk Capem Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENGAMBIAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT GUNA MENGAMANKAN KREDIT BANK (Studi kasus pada PT. Bank “X”. Tbk Capem Bandung)
Author: Gantira, Sandy
Abstract: Kredit adalah salah satu kegiatan pokok bank, dari hasil aktivitas pemberian kredit bank memperoleh keuntungan berupa bunga. Bagaimanapun juga aktivitas pemberian kredit ini mengandung tingkat resiko tertentu, untuk menghindarinya maupun untuk memperkecil resiko kredit yang terjadi maka bank harus mengadakan penilaian yang seksama atas dasar syarat-syarat teknis bank yang terkenal dengan 7C (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition Of Economic, Covering, dan Constraint), 5P (Party, Purpose, Payment, Protection dan Profitability) dan 3R (Return, Repayment dan Risk bearing). Selain hal tersebut, bank akan memperhatikan aspek-aspek pertimbangan kredit untuk menilai kelayakan kredit bank. Secara umum aspek-aspek pertimbangan kredit tersebut meliputi: aspek ekonomi, aspek teknis, aspek yuridis, aspek kemanfaatan dan kesempatan kerja serta aspek yang terakhir adalah aspek yang harus di analisis dan yang merupakan aspek penting adalah aspek keuangan. Laporan keuangan debitur merupakan salah satu sumber informasi penting bagi bank dalam rangka pengambilan keputusan. Analisis terhadap laporan keuangan merupakan salah satu cara dan memiliki manfaat yang sangat besar dalam menghasilkan informasi mengenai posisi keuangan calon debitur. Hasil ini menjadi faktor pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan apakah kredit layak dan aman diberikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengambilan keputusan pemberian kredit guna mengamankan kredit bank dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh serta manfaat analisis laporan keuangan terhadap pengambilan keputusan pemberian kredit guna mengamankan kredit bank. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode analisis deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran keadaan perusahaan yang sebenarnya, data yang terkumpul kemudian disusun, diolah, dianalisis, dan diinterprestasikan untuk mengetahui hubungan hipotesis antara 2 (dua) variabel ; variabel dependen yaitu manfaat analisis laporan keuangan dan variabel independen yaitu keputusan pemberian kredit guna mengamankan kredit bank. Berdasarkan hasil analisis data dan perhitungan statistik, menunjukan angka 85,71%, serta berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis menunjukan nilai t hitung > t tabel (11,95>2,353), maka hipotesis null (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternatif (Ha). Jadi berdasarkan hasil perhitungan tersebut, hipotesis yang diajukan penulis diterima, ini berarti bahwa hasil analisis laporan keuangan sangat bermanfaat sebagai dasar pengambilan keputusan pemberian kredit guna mengamankan kredit bank.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6021
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.18Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.26Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.47Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.25Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.18Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.15Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.47Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 51.02Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 143.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 145.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.12Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.08Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record