PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT YANG EFEKTIF (Studi kasus pada PT. Dirgantara Indonesia (Persero) di Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT YANG EFEKTIF (Studi kasus pada PT. Dirgantara Indonesia (Persero) di Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT YANG EFEKTIF (Studi kasus pada PT. Dirgantara Indonesia (Persero) di Bandung)
Author: Ramadhan, Riyan Nur
Abstract: Penelitian ini menguji mengenai peranan Audit Internal dalam menunjang penerapan Enterprise Risk Mangement yang Efektif. Melalui penelitian ini dijelaskan bagaimana Audit Internal memberikan peranannya didalam penerapan Enterprise Risk Management (ERM) di perusahaan. Data diperoleh dari kuesioner yang disebarkan di lingkungan PT. Dirgantara Indonesia (Persero) yang berlokasi di Jl. Pajajaran No. 154 Bandung. Indikator yang ditetapkan sebagai alat analisis pada penelitian ini berdasarkan pada The Professional Practice Framework yang dikeluarkan oleh The Institue of Intenal Auditor Florida pada tahun 2004 dan Committee Sponsoring Organizations of the Treadway Commission mengenai ERM FrameWork. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan Audit Internal di perusahaan cukup berperan dalam mendukung penerapan ERM yang efektif di perusahaan. Hasil operasi sebesar 69,67% menunjukkan bahwa Audit Internal cukup berperan dalam menunjang penerapan ERM yang efektif. Semakin besar peranan Audit Internal didalam ERM, maka akan meningkatkan efektifitas dari ERM. Hal ini dikarenakan Audit Internal memberikan peranannya terhadap ERM yang berupa nasehat (advice), dorongan atau dukungan kepada manajemen atas keputusan yang telah diputuskannya dalam mengelola risiko sebagai konsekuensi dari suatu pengambilan keputusan dalam menjalankan usahanya, serta memfasilitasi pengevaluasian dan pengidentifikasian risiko, dengan harapan dapat memberikan jaminan bagi perusahan bahwa setiap risiko usaha yang lazim terjadi di dalam perusahaan telah dapat dievaluasi dengan tepat, dari mulai evaluasi terhadap proses manajemen risiko hingga pelaporan atas risiko.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6017
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 39.66Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 31.62Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.60Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.35Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.04Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.46Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.99Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 45.92Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 119.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 110.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 122.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.83Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.25Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record