PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS TERHADAP PENINGKATAN LABA PERUSAHAAN ( Studi kasus pada PT Kertasari Food )

Widyatama Repository

PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS TERHADAP PENINGKATAN LABA PERUSAHAAN ( Studi kasus pada PT Kertasari Food )

Show full item record

Title: PENGARUH INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS TERHADAP PENINGKATAN LABA PERUSAHAAN ( Studi kasus pada PT Kertasari Food )
Author: Sugiarto, Rikky
Abstract: Perusahaan dituntut untuk segera berubah dan beradaptasi terhadap situasi dan kondisi yang terjadi. Selain dituntut untuk tanggap atas perubahan yang terjadi, perusahaan pun perlu memikirkan langkah-langkah yang terbaik untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan. Di dalam pengambilan keputusan, manajemen perusahaan dituntut agar mampu mengambil alternatif yang paling tepat diantara banyaknya alternatif keputusan yang lain. Dalam lingkungan manufaktur, perusahaan memiliki mesin yang belum digunakan secara optimal. Perusahaan dapat memutuskan untuk mempergunakan kapasitas yang menganggur tersebut untuk membuat produk pesanan khusus, jika pesanan khusus tersebut diperkirakan mampu menambah pendapatan perusahaan. Salah satu jenis informasi yang diperlukan manajemen sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan adalah informasi akuntansi diferensial. Informasi ini menyajikan perbedaan aktiva, pendapatan, dan atau biaya dalam alternatif tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif yang lain. Karena seringnya dihadapkan pada ketidakpastian, manajemen membutuhkan informasi akuntansi diferensial ini untuk dapat memilih alternatif yang terbaik. Berdasarkan penjelasan di atas penulis mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan antara informasi akuntansi diferensial dalam keputusan manajemen menerima atau menolak pesanan khusus terhadap peningkatan laba perusahaan. Dalam hal ini penulis mengadakan penelitian pada pesanan khusus di PT Kertasari Food yang berlokasi di Jl. Astana Anyar no. 141 Bandung, yang telah menggunakan informasi biaya diferensial untuk menerima atau menolak suatu pesanan khusus. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu analisis data, informasi-informasi, dan bukti-bukti yang telah dikumpulkan dan kemudian dibandingkan dengan teoriteori yang berkaitan dengan masalah-masalah yang diteliti, lalu pada akhirnya ditarik suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian didapatkan suatu hasil bahwa dengan menggunakan informasi akuntansi diferensial untuk mengambil keputusan menerima atau menolak beberapa kasus pesanan khusus, PT Kertasari Food memperoleh peningkatan laba. Dan berdasarkan hasil pembagian kuesioner, diperoleh persentase sebesar 81,25%, yang menurut Dean J. Champion, disimpulkan bahwa biaya diferensial dalam keputusan manajemen menerima atau menolak pesanan khusus sangat berpengaruh terhadap peningkatan laba perusahaan. Dari uraian diatas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa hipotesis yang diajukan penulis, “Informasi akuntansi diferensial dalam keputusan manajemen menerima atau menolak pesanan khusus berpengaruh terhadap peningkatan laba perusahaan” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6011
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.17Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan .pdf 23.75Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.14Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.17Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 32.75Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.68Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.98Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.64Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 79.52Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 50.19Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 89.79Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.16Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 22.92Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record