EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN SEBELUM DAN SETELAH PENERAPAN BALANCED SCORECARD (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk.)

Widyatama Repository

EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN SEBELUM DAN SETELAH PENERAPAN BALANCED SCORECARD (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk.)

Show full item record

Title: EVALUASI KINERJA PERUSAHAAN SEBELUM DAN SETELAH PENERAPAN BALANCED SCORECARD (Studi kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk.)
Author: Adiningtyas, Retno
Abstract: Perusahaan adalah suatu bentuk organisasi nirlaba yang mempunyai tujuan. Strategi-strategi kemudian dirumuskan sebagai langkah-langkah untuk mencapai tujuan. Untuk mengetahui apakah anggota organisasi telah mengimplementasikan strategi yang dimaksudkan, organisasi menciptakan sistem penilaian kinerja sebagai salah satu proses pengendalian dan evaluasi. Selama ini sistem penilaian kinerja perusahaan masih kental diwarnai oleh tolok ukur keuangan. Pengukuran yang hanya mempertimbangkan kinerja keuangan tersebut memiliki kelemahan, yaitu ketidakmampuan perusahaan untuk mengukur kinerja harta-harta tak tampak (intangible assets) dan kemampuan sumber daya manusianya. Pada tahun 1992 diperkenalkan suatu sistem manajemen kinerja yang disebut Balanced Scorecard. Balanced Scorecard memungkinkan perusahaan mengukur kinerja berdasarkan perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas, penulis menyusun skripsi ini dengan judul “Evaluasi Kinerja Perusahaan Sebelum dan Sesudah Penerapan Balanced Scorecard”. Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui kememadaian proses penerapan Balanced Scorecard pada perusahaan yang diteliti dan (2) untuk mengetahui besarnya perbedaan kinerja perusahaan sebelum dan sesudah penerapan Balanced Scorecard. Penulis melakukan penelitian pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company Tbk.(Perseroan), yang bergerak di industri makanan dan minuman. Penulis menggunakan metode deskriptif komparatif dan pendekatan metode studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer. Berdasarkan evaluasi serta divalidasi oleh jawaban kuesioner, diketahui bahwa (1) proses penerapan Balanced Scorecard telah dilaksanakan secara memadai dan (2) kinerja perusahaan setelah penerapan Balanced Scorecard lebih baik dibandingkan dengan kinerja perusahaan sebelum penerapan Balanced Scorecard. Saran yang diberikan penulis adalah agar Perseroan mulai menerapkan Balanced Scorecard secara terpadu, lebih memfokuskan diri pada kinerja profitabilitas, melakukan efisiensi dana yang digunakan untuk biaya promosi dan iklan, agar Perseroan lebih berani dan terbuka terhadap segala perubahan dan inovasi yang terjadi dalam lingkungan perusahaan, serta agar para karyawan lebih bersatu padu sebagai team yang menerapkan Balanced Scorecard, demi mencapai kinerja yang lebih baik sesuai visi dan misi Perseroan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6007
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.51Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.10Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.59Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.98Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 25.75Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.05Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.42Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.97Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 58.85Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 118.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 57.74Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 152.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.48Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record