STUDI PERBANDINGAN EFISIENSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN METODE JUST IN TIME (Studi Kasus pada PT. Garudafood)

Widyatama Repository

STUDI PERBANDINGAN EFISIENSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN METODE JUST IN TIME (Studi Kasus pada PT. Garudafood)

Show full item record

Title: STUDI PERBANDINGAN EFISIENSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN METODE JUST IN TIME (Studi Kasus pada PT. Garudafood)
Author: Perdana, Rendy
Abstract: Mengelola tingkat persediaan merupakan hal mendasar dalam penetapan keunggulan kompetitif jangka panjang. Tekanan kompetitif telah banyak menyebabkan perusahaan meninggalkan metode Tradisional dan beralih ke metode Just In Time (JIT) yang menganggap bahwa persediaan hanya akan menimbulkan biaya. Selain itu, JIT juga menanggap persediaan mengakibatkan adanya inefisiensi dan pekerjaan yang berlebihan, serta menimbulkan banyak produk cacat/rusak dan konsumsi waktu yang berlebihan untuk menyelesaikan produk. Hal yang sama juga dihadapi oleh perusahaan Garudafood yang seringkali menemukan bahan baku yang rusak karena barang terlalu lama disimpan. Alasan inilah yang mendasari perusahaan untuk mencari metode yang diharapkan mampu memberi solusi pada perusahaan. Kini perusahaan mulai menerapkan metode JIT dengan harapan akan mampu bersaing secara kompetitif. Dengan pemikiran tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah perubahan metode persediaan yang dilakukan perusahaan cukup sesuai untuk diterapkan dan dapat memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi perusahaan. Untuk itu, penulis menggunakan metode deskriptif komparatif untuk dapat membandingkan kedua metode tersebut. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan, diperoleh kesimpulan bahwa biaya persediaan bahan baku lebih efisien setelah diterapkan metode Just In Time. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan bahwa rata-rata biaya persediaan bahan baku setelah penerapan JIT sebesar Rp.13.532.031,79 lebih kecil dari rata-rata biaya persediaan bahan baku sebelum penerapan JIT sebesar Rp.17.336.265,71. Secara umum, JIT cukup sesuai untuk diterapkan di perusahaan Garudafood karena berpengaruh signifikan terhadap efisiensi biaya persediaan bahan baku, meskipun di sisi lain masih memiliki keterbatasan dalam memperoleh bahan baku sehingga penerapan JIT masih terasa belum optimal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6006
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.45Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 28.86Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 42.36Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.09Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.51Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.13Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.68Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 42.81Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 80.30Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 30.60Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 75.58Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.24Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.86Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record