PENERAPAN ATURAN ETIKA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME AKUNTAN PUBLIK (Suatu Survei pada Beberapa Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Widyatama Repository

PENERAPAN ATURAN ETIKA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME AKUNTAN PUBLIK (Suatu Survei pada Beberapa Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Show full item record

Title: PENERAPAN ATURAN ETIKA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME AKUNTAN PUBLIK (Suatu Survei pada Beberapa Kantor Akuntan Publik di Bandung)
Author: Nurani, Putri Nadya
Abstract: Saat ini profesionalisme akuntan publik memang banyak dipertanyakan berbagai pihak, apalagi sejak krisis ekonomi yang melanda indonesia serta era reformasi yang terjadi di negara ini, sehingga akuntan publik perlu menunjukkan dirinya adalah akuntan publik yang profesional. Melihat kondisi yang seperti ini, penulis tertarik untuk melakukan suatu survei mengenai penerapan aturan etika untuk meningkatkan profesionalisme akuntan publik. Sebelum dilakukan penelitian, penulis menetapkan hipotesis sebagai berikut : Ho : Penerapan aturan etika yang baik secara signifikan tidak meningkatkan profesionalisme akuntan publik. Ha : Penerapan aturan etika yang baik secara signifikan meningkatkan profesionalisme akuntan publik. Penelitian ini dilakukan pada beberapa kantor akuntan publik di Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akuntan publik menerapkan aturan etika, mengetahui akuntan publik menerapkan profesionalismenya, dan mengetahui besarnya pengaruh penerapan aturan etika untuk meningkatkan profesionalisme akuntan publik di Bandung. Indikator aturan etika yang digunakan berpedoman pada Aturan Etika Kompartemen Akuntan Publik, sedangkan indikator yang digunakan untuk menilai profesionalisme akuntan publik mengacu pada penelitian terdahulu Fajar dan Maria. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan observasi dan penyebaran kuesioner serta penelitian kepustakaan guna memperoleh data sekunder. Yang menjadi objek penelitian adalah Penerapan Aturan Etika sebagai Variabel Independen dan Untuk Meningkatkan Profesionalisme Akuntan Publik sebagai Variabel Dependen. Dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh t hi tung >t tabel (5,433 > 1,717), maka hipotesis null (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima yang artinya bahwa kelima indikator aturan etika diterapkan secara signifikansi terhadap peningkatan profesionalisme akuntan publik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6002
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.45Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.95Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.05Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 31.17Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 43.90Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.73Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.43Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.95Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 60.82Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 121.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 95.83Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 137.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.80Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record