PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Cirebon)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Cirebon)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi kasus pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Cirebon)
Author: Sari, Putiek Permata
Abstract: Dalam kegiatan operasional rutinnya, perusahaan membutuhkan pembiayaan serta mengusahakan agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Salah satu aspek yang berhubungan erat dengan hal diatas adalah menyangkut pendapatan dan biaya operasional. Guna mempertahankan kesinambungan perusahaan, diperlukan adanya suatu perencanaan yang matang dan pengendalian yang efektif dalam bentuk biaya anggaran operasional. Dalam penelitian yang berjudul “Peranan Anggaran Biaya Operasional dalam Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Biaya Operasional”, ini penulis meneliti untuk mengetahui apakah anggaran biaya operasional PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Cirebon yang memadai, berperan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian biaya operasional. Penulis melakukan penelitian pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Cirebon, jalan Tuparev No. 100 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif yang bersifat menemukan fakta disertai analisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori-teori yang telah dipelajari, yaitu pendekatan dengan studi kasus, studi lapangan, wawancara, penelitian kepustakaan dan data-data diperoleh melalui kuesioner. Kuesioner yang disebarkan terdiri dari dua variabel, yaitu “ peranan anggaran biaya operasional” sebagai variabel bebas, dan “efektivitas pengendalian biaya operasional” sebagai variabel tidak bebas. Kuesioner yang disebarkan diuji dengan menggunakan metode Champion. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa besarnya persentase peranan anggaran biaya operasional dalam meningkatkan efektivitas pengendalian biaya operasional sebesar 88,67%. Sehingga penulis menyimpulkan bahwa anggaran biaya operasional pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Cirebon yang sangat memadai, berperan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian biaya operasional.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6001
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 18.78Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.22Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.27Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.21Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.01Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 22.11Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.01Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 25.21Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 23.79Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 23.79Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 132.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.97Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record