PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELIAN PERALATAN MEDIS (Studi Survei pada Lima Rumah Sakit di Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELIAN PERALATAN MEDIS (Studi Survei pada Lima Rumah Sakit di Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBELIAN PERALATAN MEDIS (Studi Survei pada Lima Rumah Sakit di Bandung)
Author: Arianti, Prilla
Abstract: Rumah sakit merupakan organisasi sosial yang tujuan utamanya yaitu untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk melaksanakan kegiatan operasional tersebut, maka dibutuhkan beberapa sumber daya yang dapat menunjang kelancaran operasionalnya. Salah satunya yaitu peralatan medis sebagai salah satu aktiva tetap rumah sakit. Peralatan medis juga merupakan modal atau investasi yang cukup besar, sehingga di dalam melaksanakan pembelian peralatan medis perlu ditetapkan kebijakan-kebijakan, dan prosedur-prosedur yang memadai bagi pengelolaannya. Untuk memastikan bahwa segala kebijakan dan prosedur yang berlaku dalam pembelian peralatan medis telah diterapkan dan dilaksanakan dengan baik, diperlukan suatu mekanisme atau alat evaluasi dan penilaian yang independen serta objektif yang dapat membantu manajemen dalam mencapai efektivitas pembelian. Maka dari itulah dilakukan audit operasional terhadap aktivitas pembelian peralatan medis. Penelitian ini dilaksanakan dengan studi survey pada 5 (lima) rumah sakit di Bandung. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk mengumpulkan dan menyajikan data dari rumah sakit yang dianalisis sehingga memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti. Teknik pendekatan yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan membagikan kuesioner serta wawancara sebagai data primer yang dilkukan pada tanggal 04 Juni 2007 sampai dengan tanggal 26 Juni 2007, dan data riset kepustakaan sebagai landasan untuk mendapatkan data sekunder. Pengujian validitas pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment (rxy), pengujian realibilitas menggunakan rumus Spearman Brown dengan teknik belah dua (ri), dan pengujian hipotesis menggunakan rumus Uji Rank Spearman. Sehingga pada akhirnya dapat diketahui bahwa seluruh pernyataan pada kuesioner valid dan reliable atau dapat dipercaya dan diandalkan sebesar 99,96%. Dari hasil pengujian didapatkan nilai thitung (5,12554) > ttabel (3,182) sehingga Ho ditolah dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa “Audit Operasional yang memadai, mempengaruhi Efektivitas Pembelian Peralatan Medis” dapat diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 5 (lima) rumah sakit yang diteliti, pelaksanaan audit operasionalnya telah memadai. Demikian pula dengan pelaksanaan sistem pembelian peralatannya pun telah efektif. Selain itu dapat diketahui juga bahwa audit operasional benar-benar berperan di dalam menunjang efektivitas pembelian peralatan medis.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6000
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.281Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.77Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.09Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 28.97Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 32.26Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 25.84Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.09Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 39.42Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 121.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 66.87Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 214.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.45Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.89Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record