FUNGSI SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT SMALL BUSINESS (Suatu studi kasus pada PT Bank Mandiri Cabang Bandung)

Widyatama Repository

FUNGSI SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT SMALL BUSINESS (Suatu studi kasus pada PT Bank Mandiri Cabang Bandung)

Show full item record

Title: FUNGSI SISTEM PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT SMALL BUSINESS (Suatu studi kasus pada PT Bank Mandiri Cabang Bandung)
Author: Samosir, Patricia
Abstract: Sistem informasi akuntansi perkreditan dapat membantu memberikan berbagai informasi yang diperlukan dalam proses pemberian kredit. Pentingnya alat pengolahan data elektronik yang berbasis komputer disebabkan karena volume data maupun keanekaragaman data yang harus diolah pada suatu lembaga kredit, yang tidak mungkin dilakukan secara manual. Sistem pengolahan data elektronik sangat bermamfaat bagi perusahaan, terutama dalam memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat, serta membantu pihak-pihak yang terlibat dalam proses perkreditan dalam menginput dan mengolah data perkreditan yang jumlahnya cukup banyak melalui hardware dan software yang dimiliki perusahaan. Efektivitas selalu berhubungan dengan tujuan yang telah ditetapkan, efektivitas pemberian kredit dapat diartikan apabila pemberian kredit telah dioperasikan secara efektif dan hasil yang bisa dicapai. Efektivitas pemberian kredit dapat dinilai dari: 1) Tercapainya anggaran pemberian kredit, 2) Membaiknya posisi kolektibilitas kredit, 3) Dilaksanakannya prosedur pemberian kredit. Berdasarkan pemikiran di atas penulis melakukan penelitian mengenai “Fungsi Sistem Pengolahan Data dalam Menunjang Efektivitas Pemberian Kredit Small Business. Yang menjadi objek penelitian adalah PT Bank Mandiri Cabang Bandung. Penulisan skripsi menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian atas data-data yang telah dikumpulkan melalui observasi dan wawancara yang dilakukan penulis, kemudian dianalisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, penulis melihat bahwa sistem pengolahan data elektronik yang dilaksanakan PT Bank Mandiri berfungsi dalam menunjang efektivitas pemberian kredit small business. Hal ini terlihat dari adanya unsur sistem pengolahan data elektronik yang memadai, tercapainya tujuan sistem pengolahan data elektronik, adanya prosedur pemberian kredit dan tercapainya efektivitas pemberian kredit small business. Adapun saran yang diberikan penulis adalah penentuan jangka waktu pengambilan keputusan permohonan kredit dari nasabah, penempatan analis dan programmer di setiap kantor cabang agar tindakan koreksi segera dilakukan, serta adanya laporan perkembangan cabang yang termasuk perkembangan kredit yang diedarkan kepada karyawan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa sistem pengolahan data elektronik berfungsi dalam menunjang efektivitas pemberian kredit small business.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5999
Date: 2006


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.25Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 23.73Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.33Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 27.14Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.71Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 21.79Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.25Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 44.10Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 88.95Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 50.47Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 98.53Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.29Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 23.45Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record